Manfaatkan Pekarangan Rumah, Ketua TP-PKK Pessel Ajak Warga Lakukan Budidaya Ikan

584

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Sunatera Barat, Lisda Hendrajoni, mengajak masyarakat melakukan Budi daya ikan dirumah, untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Menurut Lisda ditengah situasi ekonomi yang sulit akibat pandemi Covid-19 saat ini, ada baiknya masyarakat memanfaatkan pekarangan di rumah masing-masing.

“Kita harus mampu bertahan ditengah kondisi ekonomi yang sulit ini. Kami dari TP-PKK Pesisir Selatan dan Dinas Perikanan punya program Budidaya ikan untuk masyarakat menggunakan kolam dari bahan plastik atau terpal,” terang Istri Bupati Pesisir Selatan tersebut.

Menurutnya bagi masyarakat yang berminat bisa menghubungi melalui TP- PKK kecamatan untuk bantuan bibit, dan tersedia nanti untuk 10.000 kepala keluarga.

“Nanti tim dari TP-PKK akan melakukan peninjuan lokasi Budidaya ikan dirumah-rumah tersebut, dan kita akan bantu untuk bibit ikannya yang berasal dari Dinas Perikanan,” terang Lisda.

Untuk pembuatan kolam, tidak harus berukuran besar, namun setidaknya dapat menampung bibit sekitar 200-300 bibit ikan yang nantinya dapat dikonsumsi, setelah dapat dipanen.

“Bisa juga dilakukan berkelompok, 2 atau 3 Keluarga. Nanti setelah 3 atau 4 bulan bisa dpanen, hasilnya dapat dikonsumsi bersama oleh masyarakat,” Lanjutnya.

Lisda berharap, dengan adanya bantuan tersebut merupakan salah satu upaya dalam menjalankan 10 program pokok PKK di masing-masing kecamatan.

“Ini salah satu wujud peran aktif PKK di Kecamatan, untuk membantu masyarakat ditengah kondisi ekonomi yang sulit akibat pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan membenarkan, adanya program bantuan bibit ikan yang akan diselenggarakan bekerja sama dengan TP-PKK Pesisir Selatan.

Bantuan ini menurut Andi Syafinal, akan diserahkan kepada TP-PKK untuk nantinya akan diteruskan kepada masyarakat yang berminat untuk membudidayakan ikan.

“Ada berbagai macam jenis ikan air tawar. Untuk 1 rumah bisa 200-300 bibit. Nanti bisa menghubungi TP-PKK Pesisir Selatan,” ujarnya.R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here