Longsor di Batipuh Selatan Tanah Datar, Rumah Warga dan Mushola Rusak, Jalan Padangpanjang-Solok Terputus

1057

Longsor menimpa Jorong Kubu Gadang, Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Tanah Datar (ist)

JURNAL SUMBAR | Tanah Datar – Bencana alam kembali terjadi di Provinsi Sumatera Barat. Setelah sebelumnya menghantam Jorong Pantas, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Tadi malam (Rabu,3/6/2020) bencana alam berupa longsor juga menerjang Jorong Kubu Gadang, Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Batipuh Selatan pada Rabu ( 3/6/2020) malam itu mengakibatkan terjadinya longsor di Kandang Itiak, Jorong Kubu Gadang, Nagari Sumpur.

Camat Batipuh Selatan Herru Rachman menyebutkan, longsor yang terjadi tersebut akibat hujan deras sejak pukul 18.30 Wib itu telah mengakibatkan lima rumah warga dan satu musala mengalami kerusakan, dan tidak ada korban jiwa atau terluka.

Seperti dilansir klifpositif, selain merusak rumah, longsoran tanah juga menutup akses jalan sepanjang 30 meter dengan ketinggian material mencapai 100 sentimeter, mengakibatkan jalan umum yang menghubungkan Kabupaten Solok dan Padang Panjang terputus dan belum bisa dilalui kendaraan.

Ia merinci lima rumah warga yang mengalami kerusakan dan korban sudah diungsikan. Mereka adalah Nofriadi umur 50 tahun, sopir, rusak pekararangan rumah, M. Nur (Mak Inua), umur 65 tahun, petani, rumah rusak berat, Syafril, umur 65 tahun, petani, rumah rusak ringan, Ermawati, umur 54 tahun, ibu rumah tangga, dapur rumah rusak, dan Zurni, umur 50 tahun, petani, rumah usak ringan, serta Musala Al Kausar mengalami rusak ringan.

Herru menjelaskan sejak tadi malam personil BPBDTanah Datar dibantu anggota Polri, TNI, Dinas PUPR, Satgas Nagari, dan warga sekitar telah melakukan penanggulangan bencana dengan mengevakuasi warga yang terdampak longsor ke tempat yang lebih aman.

Sementara untuk membersihkan material longsor akan dilakukan pagi ini, (Kamis, 4 Juni 2020-red) mengingat di malam waktu kejadian masih ada potensi longsor susulan, serta untuk akses lalulintas tersedia jalan alternatif.

Agam juga Longsor, Rumah Warga Rusak dan Belasan Orang Mengungsi

Seperti diberitkan sebelumnya, musibah tanah longsor juga terjadi di Jorong Pantas, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam Sumatera Barat, pada Rabu (3/6/2020) sore.

Kendati tidak ada korban jiwa, namun musibah itu memaksa 17 orang mengungsi, karena kondisi cuaca dan rumah yang tak bisa ditempati. 
Hingga berita ini diturunkan, petugas gabungan dari BPBD, TNI dan Polri masih berusaha membersihkan material longsoran.

“Tim kita sedang melakukan evakuasi terhadap warga terdampak,” kata Kepala Badan Pelaksana BPBD Kabupaten Agam,  Muhammad Lutfi kepada wartawan Rabu malam seperti dilansir harian haluan.com pada Rabu (3/6/2020). sumber ; klifpositif/harian haluan.com