Mengintip Mentari Tenggelam di Samudera Hindia, dari Puncak Bukit Langkisau adalah yang Terbaik

Catatan Yurnaldi

1333
Sunset dari puncak Bukit Langkisau, Painan hasil bidikan kamera Yurnaldi.

Pengalaman menikmati sunset (mentari tenggelam) di Samudera Hindia, mungkin sudah sering di banyak tempat. Akan tetapi, menikmati dari ketinggian sekira 400 meter dari atas permukaan laut, hanya ada satu titik terbaik di Sumatera Barat, bahkan di sepanjang pantai barat Pulau Sumatera.

Tempat terbaik itu adalah Puncak Bukit Langkisau, sekira 70 km selatan Kota Padang, di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Anda belum pernah ke sana, bukan?

Sunset dari puncak Bukit Langkisau, Painan hasil bidikan kamera Yurnaldi.

Kalau ingin ke sana, hubungi saya. Hehe…kayak pemandu wisata saja. Oya, jika belum pengalaman dengan jalur ke sana dengan mobil, ya harus ekstra hati-hati. Soalnya jalan ke sana mendaki tiada henti, berkelok kelok lagi. belokan patahnya minta ampun. Tak ada bagian dataran untuk rehat sejenak, kecuali jika sudah sampai puncak. Dari bawah ke Puncak Langkisau, ada sepanjang 1,5 km jalan aspal bagus.

Saya dan istri untuk menikmati romantisme alam dari Puncak Langkisau, Sabtu petang kemarin, memilih gunakan motor. Biar aman dari kekhawatiran. Jika ingin ke puncak dengan mobil, tentu mobil yang sehat dan supir yang sudah pengalaman.

Sunset dari puncak Bukit Langkisau hasil bidikan kamera Yurnaldi.

Setengah perjalanan menuju puncak, Anda sudah bisa nikmati Kota Painan, pusat pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan dari ketinggian. Kawasan wisata Pantai Carocok pun bisa dilihat dari ketinggian.

Sayang tempat rest area tak ada. Kalau mobil berhenti sejenak jelas tak bisa. Bahaya, kiri-kanan jurang, walau hijau dengan pohon pelindung.

Nah, ketika sampai puncak, ada area parkir. Anda lanjutkan menaiki tangga untuk sampai puncak tertinggi.

Dari sini baru Anda terkagum-kagum, melihat pesona keindahan Samudera Hindia, pulau pulau kecil dan kawasan teluk yang indah memesona.

Puncak Langkisau ini adalah lokasi tempat penyuka olahraga paralayang memulai terbang melayang layang mengitari kawasan kota Painan. Waww…asyiknya.

Bagi saya pemburu keindahan, saya ingin mengabadikan detik detik mentari menghilang di batas cakrawala. Sesuatu yang eksotik dan menantang. Begitu romatisnya alam menyajikan keindahan alam ciptaanNya. Dan pengalaman menyaksikan mentari tenggelam di Samudera Hindia dari puncak bukit, hanya ada di Bukit Langkisau.

Kalau Anda belum pernah ke sana, boleh dikata sebagai orang yang merugi. Hehe… Ayo, agendakan segera berwisata ke Bukit Langkisau.

(Penulis adalah wartawan senior tinggal di Padang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here