Peringatan Harganas Ke-27 di Kabupaten Dharmasraya Sukses

1041

JURNAL SUMBAR | Dharmasraya – Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat diperingati dengan Layanan KB Gratis di tiap kecamatan berlansung sukses dan lancar.

Harganas yang mengusung tema Sejuta Akseptor itu diperingati secara serentak di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Dharmasraya. Tak percaya? Lihat saja pada Senin (29/6/2020) Harganas itu dioeringati di Poskesri Marga Makmur Beringin Sakti Kecamatan Timpeh dan Poskesri Batu Rijal, Kecamatan Padang Lawas.

Kegiatan Harganas ke 27 kali ini ikut hadir, Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska, didampingi Dandim 0310/SS diwakili Perwira Penghubung, Mayor Inf Ahmad Muzani, CH dan Danramil 03 Pulau Punjung Mayor, CAJ Tuti Hndayani. Selain itu unsur perwakilan Pemerintah Kabupaten serta tokoh masyarakat dan ibu- ibu peserta Keluarga Berencana.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska, mengatakan, dalam kegiatan Harganas ke -27, pada masa pandemi Covid 19 saat ini, gerakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor ini untuk pengendalian penduduk dalam pelayanan KB secara gratis.

“Maka dari itu, kami berharap kepada masyarakat, terutama pasangan usia subur, untuk dapat merencanakan kelahiran. Tunda dulu kehamilan di masa pandemi ini, karena rentan beresiko. Apalagi bagi yang sudah punya dua anak, baiknya di stop saja,” ujar Dewi.

Dikatakan Dewi, KB bukan hanya untuk mengatur jarak kelahiran terhadap anak, namun juga bertujuan untuk membentuk keluarga berkualitas.

“Pemerintah mencanangkan program dua anak cukup itu agar kita bisa lebih memaksimalkan perkembangan anak, agar mereka tumbuh menjadi generasi yang berkualitas,” pungkas Dewi.

Dikatakannya, Gerakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor yang melibatkan lintas sektor di antaranya dari pihak TNI dan POLRI, ini dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target yang diharapkan.

Dandim 0310/SS diwakili Perwira Penghubung Mayor Inf Ahmad Muzani, CH, mengatakan, pihak TNI AD sangat mendukung program kegiatan Gerakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor yang diadakan di daerah ini.

Disebutkannya, kegiatan Harganas ke-27, bertujuan untuk menjadikan keluarga hebat, sejatera serta terencana untuk kependudukan di Indonesia.

“Kita berharap kedepan nya denga ada kegiatan Harganas ke- 27 ini sesuai dengan program yang telah di rencanakan untuk masyarakat indonesia,”ucap Mayor Inf Ahmad Muzani CH.eko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here