Dari SIM Gratis hingga Doorprize Bertabur di HUT Bhayangkara ke-74 di Polres Sijunjung

205

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Meriah dan sukses. Itulah gambaran puncak hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara di Mapolres Sijunjung, Sumatera Barat yang digelar di Gedung Serbaguna Jana Nuraga Mapolres Sijunjung pada Rabu (1/7/2020) itu.

Dihadiri Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, unsur Forkopimda, unsur Lanal hingga pimpinan OPD dan sejumlah tokoh masyarakat hadir di puncak HUT Bhayangkara itu.

Puncak peringatan HUT Bhayangkara ke-74 tahun 2020 ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pada HUT Bhayangkara itu dihadiri personel TNI-AL dan TNI-AD membuat suasana kian meriah dan sukses.

Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan, S.IK, M.Hum dan Wakapolres Kompol Andi Sentosa, S.H terlihat begitu happy di perayaan HUT Bhayangkara itu. Termasuk Bupati Sijunjung juga menikmati HUT Bhayangkara itu. Bahkan orang nomor satu di Kabupaten Sijunjung itu pun sempat menyumbangkan suara emasnya dengan judul “Kisah Kasih di Sekolah”.

Di HUT Bhayangkara ke-74 di Polres Sijunjung itu berbagai kegiatan digelar. Mulai dari pemberian surat izin mengemudi (SIM) gratis hingga doorprize dan piagam serta bingkisan diberikan kepada warga Kabupaten Sijunjung dan warga kelahiran 1 Juli. Kado khusus saat HUT ke-74 Bhayangkara itu benar-benar indah.

Setidaknya pada 1 Juli 2020 ini, ada sebanyak 4.308 warga yang lahir tanggal 1 Juli mengikuti dan mendapat program Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis. Kebijakan SIM gratis ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Irjen Pol Istiono. 

Dalam telegram itu disebutkan pelayanan penerbitan SIM di Satpas setiap wilayah di seluruh Indonesia diminta untuk memberikan pelayanan khusus dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74. Dalam pembuatan SIM gratis, masyarakat tidak akan dikenai biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono ketika dikonfirmasi, pada Selasa 30 Juni 2020 kemarin.


Tokoh masyarakat Kamang Baru juga dapat penghargaan di HUT Bhayangkara 2020

Ratusan karangan bunga pun berjejer di lingkungan Mapolres Sijunjung. Berbagai ucapan selamat HUT Bhayangkara pun terpajang. Mulai dari Lembaga Pemerintahan Nagari hingga Kabupaten dan swasta pun bermunculan memberikan ucapan selamat. Dirgahayu Bhayangkara ke-74.ius