MASPETTAG Puskesmas Tanjung Gadang Sijunjung Lolos TOP45 Besar Tingkat Nasional

2411

Berada di Posisi 37 Digit Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Waw…luar biasa..!
Setelah melalui perjuangan panjang di TOP99 dalam penilaian Inovasi pelayanan publik tingkat nasional, akhirnya MASPETTAG (Masyarakat Peduli TB Tanjung Gadang) Puskesmas Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, berhasil lolos masuk nominasi TOP45. Bahkan satu-satunya utusan Sumatera Barat yang masuk TOP45. Nah, patut di apresiasi Tim MASPETTAG Puskesmas Tanjung Gadang ini.

Bahkan hal yang wajar, jika Pemkab Sijunjung juga memberi reward atas keberhasilan Tim MASPETTAG Puskesmas Tanjung Gadang itu— yang berhasil mengharumkan nama Kabupaten Sijunjung di kancah nasional.

“Alhamdallah kita berhasil lolos masuk TOP45 dan Tim MASPETTAG juga pantas diberi reward,”kata Bupati Sijunjung, Drs. H. Yuswir Arifin Dt Indo Marajo,MM didampingi Asisten 1 Yenuarita, Kadis PMN Sijunjung, Khamsiardi, Kadis Pertanian, Ir.Ronaldi, Kabag Organisasi, Wandri Fahrizal dan Kabag Protokol Afrizal Chan dan beberapa pejabat lainnya saat menikmati sarapan pagi di RTH Logas Muaro pada Senin (27/7/2020) pada Jurnalsumbar.Com.

Bupati bersama pejabat lainnya merasa bersyukur MASPETTAG Peskesmas Tanjung Gadang lolos TOP45. Hal itu disampaikan bupati Yuswir Arifin saat sarapan pagi di RTH Logas

Berhasilnya Kabupaten Sijunjung, masuk TOP45 itu atas telah keluarnya keputusan pengumuman nomor: B/190/PP.00.05/2020 tentang TOP45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 dan 5 pemenang out standing achievment of public service innovation 2020 kompetisi innovasi pelayanan publik dilingkungan kementrian/lembaga, pemerintah daerag, BUMN dan BUMD tahun 2020.

Sebelumnya, Tim Panel Independen (TPI) KIPP 2020 telah melakukan seleksi terhadap TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 termasuk MASPETTAG Tanjung Gadang. Dan 15 finalis kelompok khusus KIPP 2020 guna menentukan TOp 45 inovasi pelayanan publik tahun 2020 dan 5 pemenang out standing achievment of publik service innovation.

Tim MASPETTAG kunjungi rumah warga

Setelah melalui proses panjang, lalu keluarlah Keputusan Menteri PAN RB RI Nomor 192 tahun 2020 tentang TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 dan 5 pemenang out standing achievment service innovation. Surat keputusan yang ditetapkan di Jakarta pada 23 Juli 2020 itu ditandatangani Menpan RB Tjahyo Kumolo. Alhasil, MASPETTAG Sijunjung berada di urutan 37 digit dari TOP45.

Sebelum masuk TOP45, MASPETTAG Puskesmas Tanjung Gadang dinilai Tim Panelis Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik.


Ketika Tim MASPETTAG Kunjungi pasien TB

Dihadapan Tim Panelis Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, yang diketuai Prof.JB Kristiadi, secara gemblang Bupati Sijunjung, Drs.H. Yuswir Arifin Dt Indo Marajo,MM yang didampingi Kepala Puskesmas Tanjung Gadang, dr.Hj.Imelda serta Koordinator Program Puskesmas Tanjung Gadang, Herizon Putra, S.Kep, dan disaksikan Asisten III dr.H.Edwin Suprayogi,MKes, Kadis Kesehatan drg.Ezwandra dan Kabag Organisasi, Wandri Fahrizal menyampaikan ekspose tentang inovasi MASPETTAG kala itu.

Selain penyampaian ekspose bupati peraih Leadershif Award itu juga melakukan diskusi bersama Tim Panelis Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, yang diketuai Prof.JB Kristiadi itu.

Kapus Tanjung Gadang dr.Hj. Imelda, tangani pasien penuh kasih sayang

Penilaian Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang dikemas KemenPAN itu juga membahas soal keunggulan pelayanan dari MASPETTAG.

“Kita memanfaatkan pasien TB yang sudah sehat dan tokoh masyarakat untuk mencari pasien Tuberkulosis yang selama ini terimajinalkan. Dan itu banyak yang sampai meninggal jika itu tak diobati. Untuk itulah pelayanan MASPETTAG ini dilakukan. Jika diobati maka pasien tersebut akan sembuh total,”kata Bupati Yuswir Arifin kepada Jurnalsumbar.Com sebelum acara Dering bersama Tim Panelis Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, yang diketuai Prof.JB Kristiadi saat itu.

“Mohon doa seluruh masyarakat Kabupaten Sijunjung agar Puskesmas Tanjung Gadang bisa lolos masuk TOP45 Pelayanan Inovasi MASPETTAG,”pinta bupati di akhir pembicaraannya ketika itu.

Untuk itu pula bupati mengaku telah membuat surat edaran agar tiap Puskesmas juga membuat inovasi pelayanan TB tersebut.

Demi warga, Tim MASPETTAG telusuri jalan setapak

“Kini sudah ada tiga Puskesmas yang membuat inovasi pelayanan TB. Diantaranya, Puskemas Tanjung Ampalu Inovasinya KAMERA (Kader Memberantas TB), Puskesmas Kamang Inovasinya GEMABATIMANG (Gerakan Masyarakat Bebas Tuberkulosis Kamang) dan Puskesmas Kumanis GEMAR PERJAKA 2M (Gerakan Masyarakat Perangi Gejala Batuk Berdahak Lebih Kurang Dua Minggu). Diharapkan seluruh puskesmas jalani pelayanan TB,”terang bupati dua periode itu.

Dalam ekspose tersebut juga ditayangkan video TB. Kesadaran masyarakat Tanjung Gadang sangat tinggi. Hal itu terlihat dengan banyak pasien TB yang sehat di Puskesmas Tanjung Gadang.

Bupati Yuswir Arifin juga memberi kewenangan penuh pada Kepala Dinas Kesehatan dalam penggunaan anggaran dalam menangani kesehatan di Kabupaten Sijunjung.

Alhasil, kini MASPETTAG Puskesmas Tanjung Gadang dibawah pimpinan Kepala Puskesmas Tanjung Gadang, dr.Hj.Imelda itu telah berhasil masuk di TOP45 dengan posisi di 37 digit. Selamat dan Sukses MASPETTAG Puskesmas Tanjung Gadang.

Tim MASPETTAG Kunjungi Warga

Keberhasilan masuk TOP45 itu, tak terlepas dari perjuangan dan kerja keras Kepala Puskesmas Tanjung Gadang, dr.Hj.Imelda serta Koordinator Program Puskesmas Tanjung Gadang, Herizon Putra, S.Kep dan semua unsur staf Puskesmas Tanjung Gadang dan binaan Kadis Kesehatan Sijunjung, drg.Ezwandra. ius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here