Di HUT RI ke-75, Kodim 0310/SSD Gelar Gebyar Pengibaran Seribu Bendera Merah Putih

1742

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Semarak peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia begitu terasa di Ruang Tata Hijau (RTH) Logas Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Betapa tidak, seribuan bendera merah putih telah disiapkan untuk dikibar di wilayah Makodim 0310/SSD.

Pengibaran seribuan bendera merah putih diawali di RTH Logas Muaro Sijunjung. Kegiatan dilakukan pada Jumat (14/8/2020) dengan mengusung tema ‘Gebyar 1000 Merah Putih’.

Pantauan Jurnalsumbar.Com di lokasi, pemasangan bendera merah putih dilakukan oleh para relawan, instansi pemerintah, TNI Polri, anggota pramuka serta masyarakat sekitar Muaro Sijunjung dihadiri Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, unsur Forkopimda, Kasdim, para PASI dilingkup Kodim 0310/SSD dan para pimpinan OPD dan veteran.

Gebyar 1000 Merah Putih’ adalah keberagaman budaya, suku dan bahasa yang dimiliki Indonesia jadi landasan tema tersebut diambil.

Makna Gebyar 1.000 Merah Putih itu Bhineka Tunggal Ika, Indonesia terdiri dari beragam suku, budaya dan bahasa, walaupun berbeda-beda tapi tetap dibalut merah putih.

Pada kesempatan itu, Dandim 0310/SS,
Letkol Inf Endik Hendrasandi, S.Sos.MI.Pol, juga berkesempatan memperkenalkan diri didampingi istri.

Menurut mantan Dansecata B Padang Panjang itu, Gebyar pengibaran bendera merah putih itu sesuai petunjuk presiden untuk mengibarkan bendera di pemukiman.

“Ini cara kita ajak masyarakat mengibakan bendera dengan semua unsur Forkopimda. Kegiatan juga dilaksanakàn gotoroyong di tempat ibadah dan makam pahlawan dan juga acara nonton film merah putih juga akan digelar. Selain itu kami juga akan membagikan 1.000 masker merah putih secara gratis pada warga,”ucap Dandim yang juga mantan Danyon 133 itu.

Bupati Sijunjung, Drs. H. Yuswir Arifin Dt Indo Marajo ,MM, menyambut baik dan memberi apresiasi kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0310/SSD.

“Sebagai Warga Negara yang cinta akan tanah air, Kegiatan pengibaran 1000 Bendera ini merupakan hal kecil dibandingkan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan pejuang kemerdekaan terdahulu, oleh karena itu kami dan Forkopimda Kabupaten Sijunjung mengajak kepada Masyarakat untuk bersama – sama mengelorakan Dirgahayu Indonesia dengan cara mengibarkan Bendera Merah Putih,”ucap bupati.

“Kita semua tidak boleh patah semangat atas wabah Covid-19 yang masih melanda negara kita dan saling bahu membahu memutus perkembangan Virus Covid-19 dengan menerapakan Protokol Kesehatan,”tambah bupati.

“Mari kita semua tetap bersinergi dalam mengsukseskan hari Kemerdekaan kita, meski perayaan Dirgahayu Indonesia ke-75 berbeda dengan tahun sebelumnya namun hal ini dapat menjadikan negara kita tetap kuat dalam menggapai Indonesia Maju dan Sejatera,”tambahnya.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan pelepasan pembawa bendera merah putih yang akan memancangkan bendera di sepanjang jalan M.Yamin Muaro Sijunjung. Bahkan di RTH Logas Muaro, Bupati Yuswir Arifin dan unsur Forkopimda serta unsur veteran menancapkan bendera merah putih di RTH Logas Muaro. ius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here