Dedi Rahmato Putra, Bantu Pelajar di Pessel Pasang Hotspot Wifi Gratis Ditiap Nagari

149

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Kabar mengembirakan disampaikan calon Bupati Pesisir Selatan, Dedi Rahmato Putra. Untuk membantu dan memberikan memudahan bagi pelajar/siswa belajar online,Dedi Rahmanto Putra berjanji akan memasang Hotspot Wifi Gratis di Nagari-nagari se Kabupaten Pesisir Selatan.

Menurut putra terbaik Pesisir Selatan ini, pemasangan Hotspot Wifi Gratis di Nagari-nagari se Kabupaten Pesisir Selatan itu, dilakukan secara bertahap.

“Tahap pertama, akan dimulai di Nagari yang memiliki akses jaringan telepon. Sedangkan untuk nagari yang belum memiliki jaringan telepon, akan dilanjutkan menjadi program prioritas pembangunan daerah,” jelas Dedi Rahmato Putra.

Diungkapkan Dedi Rahmanto Putra, Wifi atau internet gratis ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi siswa dan masyarakat yang memerlukan akses ilmu pengetahuan melalui dunia digital.

“Ini sejalan dengan cita-cita dan program pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Dedi Rahmanto Putra-Arvianof Rajab yang akan menjadikan kembali Kabupaten Pesisir Selatan sebagai pusat pendidikan terkemuka di Sumatera Barat,” ulas Dedi Rahmanto Putra yang biasa disapa Dedet.

Diakui calon kuat Bupati Pesisir Selatan itu, pemasangan wifi perdana akan dimulai pada tahun 2021 ini di beberapa nagari sebagai project percontohan atau ujicoba.

“Kita berharap, ujicoba ini memberikan manfaat kepada masyarakat. Terkait dengan isi internet yang negatif, kita akan pastikan kepada provider Telkom untuk memberikan layanan internet bersih. Artinya, masyarakat akan leluasa mengakses informasi positif, sedangkan hal-hal yang negatif akan terblokir atau tidak bisa diakses,” ujar Dedi.

Untuk suksesnya program pemasangan Hotspot Wifi Gratis di Nagari-nagari se Kabupaten Pesisir Selatan ini, sebut Dedi Rahmanto Putra, butuh dukungan dari masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan untuk mewujudkan Nagari Digital ini.

Artinya, tanpa dukungan masyarakat, program ini tak akan berjalan dengan baik. Untuk pemasangan di nagari, Dedi Rahmanto Putra akan berkonsultasi dengan Wali Nagari, Niniak Mamak, Alim Ulama Nagari terlebih dahulu. Apakah dipasang di sekitar kantor wali nagari atau disekitar Masjid Nagari.

“ Yang jelas, pemasangan Hotspot Wifi Gratis di Nagari-nagari se Kabupaten Pesisir Selatan masing-masing ada manfaatnya. Jika dipasang disekitar kantor wali nagari, masyarakat akan makin mudah berhubungan dengan layanan publik di nagari. Pelajar juga akan makin dekat dengan pemerintahnya. Jika dipasang disekitar komplek masjid nagari, juga akan memberikan dampak positif. Pelajar akan rajin sholat lima waktu, minimal zuhur, ashar, magrib dan isya di Masjid Nagari sembari memanfaatkan akses internet gratis,” ujar calon pemimpin yang program unggulan untuk Gerakan Perubahan itu.

Ketika ditanya nagari manakah yang pertamakali akan mendapatkan program pemasangan hotspot wifi gratis tersebut, Dedi Rahmanto Putra menyebutkan tentunya Nagari-nagari yang bersedia untuk uji coba.R/adv