Lepas Jenazah Bupati Irdinansyah, Wagub NA: Almarhum adalah Politisi dan Ulama Santun

261

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Almarhum bupati Tanah Datar H Irdinansyah Tarmizi adalah seorang politisi dan ulama yang sangat santun. Hari ini,Minggu(20/9/20) kita lepas ke peristirahatan terakhir di kampung halamannya Lintau.

Wagub Sumbar Nasrul Abid mengemukakan hal itu ketika melepas jenazah almarhum Irdinansyah dalam suatu upacara prosesi protokol pemerintah sebagai  pejabat negara di kantor bupati Tanah Datar, Pagaruyung.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan ‘ Salam duka cita ‘ dari bapak gubernur provinsi Sumatera Barat Prof  DR  Irwan Prayitno karena pada jam yang sama gubernur  ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan nya. Gubernur juga mengharapkan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

Khusus jabatan almarhum sesuai peraturan pemerintah, ucap Wagub, tanggal 26 September 2020  dilaksanakan wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, karena Wakil Bupati Tanah Datar akan maju pada Pilkada tahun 2020. Terhitung semenjak 26 September  2020 , maka pejabat Bupati akan  ditunjuk dari salah seorang pejabat dari provinsi Sumatera Barat.Dan akan bertugas setelah wabup selesai cuti.

Pejabat provinsi itu, saat ini sedang diproses dan  diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri kemudian setelah tanggal 6 Desember 2020, Wabup akan kembali bertugas sebagai bupati sampai tanggal 17 Februari 2021 mendatang.

Seterusnya, Wagub Nasrul Abid atas nama pemerintah Sumatera Barat meminta kepada seluruh hadirin dan masyarakat Tanah Datar Luhak Nan Tuo bisa memaafkan segala kesalahan almarhum Irdinansyah Tarmizi dan hendaknya diberi tempat yang layak di sisi Allah subhanahu wa ta’ala serta almarhum aman tenang di alam barzakh.

Seterusnya Wagub bertanya, apakah kita yang hadir bersedia memaafkan almarhum ,yang langsung dijawab hadirin dengan ” Bersedia… ! “. Amin. Terima kasih jawab Wagub.

Setelah kepergian almarhum Irdinansyah Tarmizi, Nasrul Abit mengharapkan pemerintah Kabupaten Tanah Datar dapat berjalan sebaik-baiknya ,dan tetap melanjutkan pembangunan yang sudah dirintis almarhum Irdinansyah Tarmizi.

Usai melepas secara protokol pemerintah , jenazah Irdinansyah dimasukan ke dalam ambulan untuk diberangkatkan ke Lintau sekaligus dimakamkan di pandam pakuburan kaum Dt Indo Mangkuto yang juga dilepas secara adat dan pemakaman secara militer.

Sebelum diberangkatkan ke kampung halamannya, almarhum disholatkan di mesjid Nurul Amin Pagaruyung, dan dilepas pula wabup Tanah Datar Zuldafri Darma bersama isteri Hj Emi Irdinansyah, anak- anak dan keluarga.

Hadir dalam melepas almarhum Irdinansyah Tarmizi dalam protokol kesehatan, Pimpinan Forkopimda, anggota DPRD, OPD, para tokoh masyarakat, mantan bupati M Shadiq Pasadigoe, jajaran pemda Tanah Datar, dan ratusan masyarakat Tanah Datar – habede.