Pilkada Serentak 2020, KPU Tanah Datar Gelar Launching DPS dan Uji Publik

111

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Launching pengumuman DPS (Daftar pemilih sementara ) dan uji publik pemilihan serentak tahun 2020, Sabtu (19/9/20) dilaksanakan KPU Tanah Datar, sekaligus dihadiri  LO pasangan bacalon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar periode 2021-2026 di aula kantor KPU Tanah Datar, Pagaruyung.

Dilaksanakan launching pengumuman DPS dan Uji publik, sebut Komisioner KPU Devisi Perencanaan dan data pemilih  Fitri Yenti, didampingi Plh ketua KPU Tomas Hendriko , agar masyarakat mengetahui eksistensi nya dalam pelaksanaan pemilu kada di di Tanah Datar. Mulai Sabtu (19/9/20), pengumuman DPS (Daftar Pemilih Sementara) 2020  sudah dipampangkan di kantor-kantor wali nagari  se Tanah Datar.

Pengumuman itu, ucap Fitri Yenti, diimplementasikan hingga, Senin (28/9/20) mendatang.Seterus diumumkan pula DPS-HP ( Daftar pemilih sementara – Hasil perubahan), Selasa ( 29/9/20) s.d Rabu (9/10/20). Dan batas akhir DPT (Daftar pemilih tetap) ditetapkan, Minggu (6/12/20).

Selama aktivitas pengumuman tersebut,  tutur Fitri Yenti, KPU akan terus menerima masukan yang Datang dari masyarakat mengenai DPS yang sudah ditetapkan.Sedangkan kalau ada masyarakat yang belum terdaftar dapat memberitahu PPK (
Panitia Pemilihan Kecamatan), PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan Kantor KPU Tanah Datar di Pagaruyung.

Untuk mendaftar, bisa membawa KTP elektronik dan KK, kemudian kita akan mendata lagi masyarakat yang memiliki hak pilih.Setelah  terdata atau yang belum terdata, masyarakat bisa memantau di kantor wali nagari atau tempat- tempat setrategis yang sudah ditentukan.

Karena kita melaksanakan pemilukada 2020 dalam era pandemi corona virus, Fitri Yenti meminta seluruh jajaran KPU Tanah Datar dapat mematuhi protokol kesehatan Corona virus dalam dalam aktivitas -Aktivitas yang dilaksanakan.

Selanjutnya sesuai DPS (Daftar pemilih sementara) kabupaten,  pemilihan bupati dan wakil bupati Tanah Datar serta Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat berjumlah 256.857 pemilih.Dengan pemilih laki-laki 126.002, dan pemilih perempuan  130.855 pemilih.

Mengakhir aktivitas launching pengumuman DPS, KPU membagikan soft copy DPS kepada LO pasangan bacalon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar untuk diteliti – habede