Ikan Hiu Tutul Sepanjang Tujuh Meter Terdampar di Muara Surantih-Pessel Sumbar

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Ikan Hiu Tutul (Rhincodon Typus) sepanjang tujuh meter terdampar di Pantai sekitaran Muara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) pada Senin (26/10/2020).

Menurut informasi, dari warga setempat, ikan hiu tutul sepanjang tujuh meter itu, pertama kali diketahui menepi ketepi pantai oleh nelayan pukat hela di Pantai Lansano sekitar Muara Surantih, sekira pukul 10.00 WIB tadi.

“Ikan hiu tutul atau ikan kanca-kanca sebutan nelayan disini, terlihat menepi pagi tadi oleh nelayan pukat hela, diperkirakan berat hiu tutul itu sekitar 2,5 ton, “sebut salah sorang nelayan Irawan, 28 tahun pada wartawan.

Ia menerangkan, sebelum terdampar dan dibawah kemuara Surantih oleh nelayan. Beberapa kali, nelayat pukat hela sudah berusaha menghalau hiu tersebut ke tengah laut.

Namun, hiu tutul tersebut kembali menepi ketepi pantai setelah beberapa kali dibawah ketengah laut oleh nelayan setempat.

“Sudah di halau ketengah laut, tapi hiu tutul itu kembali ketepi pantai,”ujarnya seperti dilansir Covesia.Com.

Kemudian katanya, sebelum tadi pagi terdampar ke tepi pantai, 5 hari sebelumnya, beberapa orang nelayan sudah melihat hiu tersebut berputar-putar di tengah laut sekita pulau yang berada diperairan pantai Surantih.

PERANTAU SIJUNJUNG

“Lima hari yang lalu sudah sering nampak hiu itu berenang oleh nalayan kapal. Tapi, masih jauh dari tepi pantai, “ujarnya lagi.

Kendati demikian, lanjunya, karena kembali menepi setelah di halau ketengah, hiu itu dibawah masuk kedalam kawasan muara Surantih menggunakan boat nelayan.

“Hiu itu sudah mati saat dibawah oleh nelayan kedalam muara. Kelihatannya, hiu besar itu memang sudah sakit dan mati tadi pagi, “katanya

Lanjutnya lagi, saat ini hiu itu masih berada di dalam muara surantih. Tepatnya, di Tempat Pelabuhan Ikan (TPI) Surantih.

“Masih didalam sungai murah di TPI, dan kondisinya sudah mati. Untuk informasi kapan dieksekusi kami belum tau, karena kalau untuk dibawah keatas permukaan tidak bisa karena ukurannya cukup besar,”tutupnya

Sementara itu, Ketua Nelayan Sutera, Ramadhan mengatakan, terkait adanya hiu yang terdampar pihaknya sudah melapor ke pihak Dinas Perikanan Pessel, Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang dan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi.

“Sudah kita laporkan, dan pihak DKP, BPSPL sudah dijalan menuju lokasi,”singkatnya. R/Covesia.Com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.