Jelang Munas Alumni PGAN/MAN/MAPK/MAKN Koto Baru, Burnalis: Jika Terpilih, Rela Berkorban

204

JURNAL SUMBAR | Padangpanjang — Menjelang Munas Virtual Alumni PGAN/MAN/MAPK/MAKN Koto Baru Padang Panjang (MAN 2 Padang Panjang), Kamis (29/10/10), Burnalis Ilyas menyuarakan sejumlah harapan yang juga akan memilih Ketua Umum.

“Menuju Munas ikatan alumni PGA/MAN/MAPK/MAKN Koto Baru Padang Panjang melalui Zoom, ada beberapa catatan penting yang patut digarisbawahi para alumni Ketua Umum yang dipilih benar-benar sosok yang siap lahir batin berkorban untuk organisasi mulai dari ide, waktu, tenaga dan lain-lain,” ujar Burnalis Selaku Direktur Eksekutif Minang Diaspora Network-Global (Jaringan Perantau Minang Sedunia) yang juga Alumni MAPK (Madrasah Aliyah Program Khusus) angkatan ke V, Rabu(28/10).

Burmalis Ilyas mengaku sangat bangga menjadi Alumni sekolah agama yang sangat terkenal seantero Indonesia dan Sumatera ini. Sekolah ini menjadi terkenal karena alumninya tidak hanya berasal dari Sumatera Barat tapi juga Provinsi Luar Sumbar seperti Aceh, Jambi, Sumut, Sumsel, Lampung bahkan ada yang berasal dari Pulau Jawa dan lain sebagainya.

“Salah satu nilai plus Sekolah ini adalah adanya MAPK (Madrasah Aliyah Program Khusus) yang merupakan sekolah unggulan hasil kreasi Mantan Menteri Agama DR. Munawir Sazali dan dilanjutkan oleh DR. Tarmizi Taher,” ungkkapnya

Dijelaskannya, MAPK lebih kurang meniru konsep SMA Taruna Nusantara yang menghasilkan lulusan yang terpilih. MAPK dibiayai oleh negara dengan disediakan asrama, gratis uang sekolah dan mendapat uang saku.

“Semua siswa belajar mulai subuh sampai Isya dengan menggunakan bahasa arab dan Inggris serta kitab gundul/kuning yang notabene adalah kitab/buku tulisan yang berbahasa arab. Banyak Alumni PGA/MAN/MAPK/MAKN yang sukses baik didalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Ditambahkannya, selaku Direktur Eksekutif Minang Diaspora pernah beberapa kali bertemu dengan beberapa alumni seperti Revawandi di Seattle Amerika Serikat, Nentis di Sydney Australia, Amat Fajri di Jeddal Arab Saudi dan banyak alumni lainnya yang bertebaran diberbagai benua.

Diantara para alumni yang sukses diantaranya H. Syamsalis Pendiri dan Owner Sabana Fried Chicken yang mempunyai outlet lebih 2000 diseluruh Indonesia, Muhamma Irsyad yang menjadi anggota DPRD Provinsi Sumbar, Buya H. Gusrizal Gazahar Ketua MUI Sumbar, Prof. DR. Iswandi Syahputra Wakil Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan calon Ketua Umum yang sukses dibidang masing-masing seperti Prof. DR. Sarjon Devit, DR. Ahmad Wira, DR. Yulkifli, DR. Afrianto Daud, H. Syamsalis, M. Zulfadli, Irsyad Sati, dan banyak alumni sukses lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

“Ternyata banyak Alumni tidak hanya sukses dibidang akademik, agama, pendidikan tapi ada juga yang berprofesi sebagai TNI seperti Kolonel Muttaqim dan Rizal Kani. Ada juga yang berprofesi sebagai Polisi, Politisi, pengusaha dan berbagai profesi lainnya,” ujarnya.

Ia berharap Ketua Umum terpilih bisa merangkul semua alumni dan memanfaatkan teknologi digital saat ini dalam mangumpuakan nan taserak, manjapuik Nan Tatingga.

“Potensi alumni sangat besar dan harus diketuai oleh ketua yang punya semangat besar, visi dan misi besar,” pungkas Burmalis. (Agusmardi)