Salju Abadi, Pabrik Es Balok Penyambung Nafas Nelayan di Pessel

221

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Anggota DPRD Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Novermal Yuska, SH, MHum, mengapresiasi keberadaan Salju Abadi, Pabrik Es Balok Penyambung Nafas Nelayan di daerah itu.

Setidaknya hal itu terungkap pada Minggu 25 Oktober 2020, ketika politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Pessel itu diajak mampir ke sebuah pabrik es balok oleh sahabatnya Adrianto.

“Salju Abadi nama pabriknya. Lokasinya di simpang Pasar Lama Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti,”tulis owner jurnalsumbar.com itu berkisah diakun facebooknya.

Di pabrik yang dibangun tahun 2017 tersebut sedang dibangun lagi satu unit pabrik dengan kapasitas 30 ton per hari. Yang sudah beroperasi saat ini dua unit, yaitu kapasitas 20 dan 25 ton per hari. Dalam waktu dekat akan beroperasi tiga unit sekaligus dengan total kapasitas produksi 70 ton per hari.

“Pabrik es balok yang didirikan sahabat saya dan iparnya, bapak Wan TI ini memasok kebutuhan es nelayan di Linggo Sari Baganti dan daerah Pessel lainnya. Bahkan juga mengisi kebutuhan daerah Padang, Tiku Agam dan Air Bangis Pasaman, dan Banta dan Muko-muko, Bengkulu,” jelasnya.

“Untuk pemasarannya, sahabat saya ini mengoperasikan 5 unit truk colt diesel. Akan ditambah 2 unit lagi kalau pabrik yang ketiga beroperasi”.

“Operasional pabrik, sahabat saya ini memperkerjakan 10 orang anak nagari setempat. Upahnya rata-rata di atas UMP. Dan, mereka juga diikutkan progran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan,”terang pratisi hukum itu bercerita.

“Saya salut dan bangga dengan sahabat saya ini. Dia rela meninggalkan zona nyamannya di perusahaan pabrik kertas di Perawang Riau, demi membangun usaha yang belum jelas prospeknya. Dan, berkat yakin dan kegigihannya, perusahaannya kini terus berkembang. Pabrik es Salju Abadi kini jadi “penyambung nafas” nelayan Pesisir Selatan dan sekitarnya,”terang Novermal Yuska dalam akun facebooknya.

Es balok produksi pabrik Salju Abadi merupakan bekal bagi nelayan untuk menjaga kesegaran ikan hasil tangkapan selama di laut, dan juga sebagai pengaman dalam pengiriman ke pasaran di Padang, Pekanbaru, Kerinci dan Jambi. Es balok Salju Abadi telah “memperpanjang nafas” nelayan Pessel dan sekitarnya.

“Selamat saudaraku. Semoga usahanya terus berkembang, dan memberi manfaat lebih masyarakat di sekitarnya,”tambah wakil rakyat itu.rel