Warga Tani Bukik Sileh Swadaya Bangun Jalan

77

JURNAL SUMBAR | Arosuka — Integritas masyarakat tani Gunuang Talang, Bukik Sileh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok pantas diapresiasi. Betapa tidak sepanjang lebih kurang 15 KM jalan menuju perladangan mereka selesai dibuat dengan melaksanakan gotong royong.

Mursid, yang menginspirasi pembangunan jalan tersebut, Ahad (25/10/2020) menyebutkan, jalan yang dibangun untuk lewat sepeda motor saja sehingga para petani di Bukik Sileh ini bisa menuju ladang masing-masing.

“Alhamdulillah dengan bergotong royong bersama, pembangunan jalan sepeda motor yang murni hasil swadaya masyarakat tani sudah selesai dilaksanakan,” ujar Mursid, seorang guru di Kota Padang, yang memanfaatkan waktu senggangnya berladang ini.

Mursid mengatakan, jalan tersebut jika diusulkan melalui Musrembang tingkat Kecamatan tidak akan mungkin dipriotitaskan. Karena perbaikan jalan lintas nagari saja di Kecamatan Lembang Jaya sampai kini belum dapat dilaksanakan.

Ia menjelaskan, menghubungkan antar ladang petani yang satu dengan petani yang lainnya dan dibuat sampai ke Danau Dibawah .Jalan itu juga mempermudah petani saat hari hujan tetap bisa ke ladang.

“Kami berharap pemerintah kabupaten Solok, siapa pun bupati terpilih memprioritas infrastruktur jalan untuk petani,” ujarnya. (Agusmardi)