Gurih dan Renyah, Serundeng “Bang Jago” Cocok Disandingkan Dengan Makanan Apa Saja

633

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Serundeng atau oseng-oseng yang sering disebut oleh masyarakat Nagari Sisawah, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung merupakan makanan tradisional yang kerap digunakan sebagai lauk pauk nasi.

Rasanya yang menggugah selera membuat makanan yang terbuat dari parutan kelapa yang digoreng dengan aneka bumbu ini kian dinikmati.

Melihat peminatnya kian marak, Tri Maiko Wahyu yang merupakan asli kelahiran Nagari Sisawah pun tertarik untuk memasarkan produk itu.

“Serundeng ini memang sudah banyak dipasarkan. Namun, serundeng khas Nagari Sisawah beda dengan serundeng-serundeng dari daerah lain,” ujar Tri Maiko kepada media melalui via WhatsAppnya, Rabu (4/11/2020).

Dijelaskannya, serundeng itu dibuat dari parutan kelapa yang digoreng dengan berisikan kentang, kacang dan udang.

“Saya tertarik untuk memasarkannya berawal dari hobi makan serundeng, dan makanan ini tidak selalu ada. Karena kalau tidak dihari raya atau acara pesta jarang untuk ditemukan,” terang Tri.

Lebih jauh dikatakannya, kelebihan serundeng itu resepnya tradisional.

“Serundeng ini dibuat dari bahan pilihan tanpa pengawet, dengan rasa yang gurih, halal dan diolah dengan cara tertentu sehingga bisa bertahan untuk beberapa hari lamanya, dan cocok disandingkan untuk makanan apa saja, bahkan hanya dengan nasi putih pun OK ” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Tri Maiko ingin mencoba untuk memasarkan serundeng khas Nagari Saribu Ngalau itu dengan harga ekonomis.

“Serundeng ini dijual hanya 10ribu, produk ini diberi merek Serundeng Bang Jago, bagi yang ingin mencoba atau orderan untuk resepsi pernikahan bisa langsung menghubungi ownernya melalui Telp.085278316216 atau WhatsApp 081214220166,” katanya.

Ia berharap dengan niat yang baik, disertakan doa yang tulus, insyallah usahanya berkah.

Sementara itu, Elmai Fitrah salah seorang pelanggan Serundeng Bang Jago mengakui ada kenikmatan tersendiri ketika santap siang ditambah snack viral tersebut.

“Ya biasanya saya kalau langganan ini buat makan siang, jadi apapun lauknya baik itu goreng maupun gulai ketika disandingkan dengan serundeng bang jago ini yo sabana lamak,” pungkasnya.rilis