Guru Matematika SMP Bukittingi Kuasai Teknogi AR, Berkat PKM Jurusan Matematika UNP

742

JURNAL SUMBAR | Padang — Banyak tenaga pengajar ingin mengoptimal pemanfaat teknologi. Ini pun menjadi program Jurusan Matematika Universitas Negeri Padang (UNP).

Salah satunya yang dilakukan adalah mengadakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika berbasis Teknologi Augmented Reality (AR).

Beberapa waktu lalu, Dosen jurusan Matematika UNP yakni Suherman, MSi, Defri Ahmad, MSi, dan Nurul Afifah Rusyda, MPd telah mengadakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika berbasis Teknologi Augmented Reality kepada Guru MGMP Matematika SMP Kota Bukittinggi.

“Pelatihan itu merupakan program Kemitraan Masyarakat (PKM) di bidang Matematika merupakan salah satu program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI),” ujar Suherman dalam pesan whatsappnya, Rabu (4/11/2020).

Dijelaskannya, pengabdian ini melibatkan dua orang pemateri yaitu Afifah Zafirah, S.Pd dan Fardatil Aini Agusti, S.Pd yang merupakan alumni mahasiswa jurusan matematika. Serta dibantu oleh dua orang mahasiswa aktif jurusan matematika yaitu Alfarizi dan Amira Novalinda.

Dalam proses pembelajaran matematika, dijelaskanya, dapat memanfaatkan Teknologi AR, sehingga selama 6 kali pertemuan secara online/daring melalui Zoom telah terlaksana yang yang berakhir pada tanggal 22 Oktober lalu.

“Kegiatan PKM kami ini dilakukan secara daring mengingat kondisi saat ini masih tidak memungkin untuk bertatap muka langsung, dengan sasaran guru Matematika SMP yang tergabung dalam MGMP Matematika SMP Se-Kota Bukittinggi,” ujar Suherman selaku Ketua Pelaksana.

Dijelaskannya, pemilihan peserta ini dilakukan dengan alasan Kota Bukittinggi merupakan salah satu wilayah pusat pengembangan Pendidikan di Provinsi Sumatera Barat. Setelah kegiatan pelatihan online ini selesai diharapkan guru matematika SMP yang terlibat dalam kegiatan ini mampu menerapkan ilmu dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya dalam pembuatan media pembelajaran berbasiss teknologi AR.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa teknologi AR telah dirancang menggunakan prinsip penampilan objek 3D (tiga dimensi) yang interaktif dengan memanfaatkan teknologi berbasis AR.

Selain mampu memunculkan objek bangun ruang yang terdapat pada buku ke dalam bentuk objek 3D (tiga dimensi) berserta animasinya yang akan ditampilkan melalui aplikasi. Teknologi AR dalam matematika dapat diterapkan dengan menggabungkan antara penggunaan buku dan aplikasi pada materi Geometry khusunya bangun ruang. Salah satunya adalah aplikasi VirGo (Virtual Geometry) yang diciptakan oleh Afifah Zafirah SPd, Fardatil Aini Agusti, SPd, dan Refenia Usman.

“Saat ini, guru dituntut untuk dapat menguasai teknologi. Terutama ketika pandemi seperti ini, adanya kolaborasi antara media pembelajaran dan Teknologi AR merupakan salah satu upaya kreatif dan inovatif yang ditawarkan bagi peserta didik. Alhamdulillah berkat bimbingan Pak Suherman dalam mengkonsepkan ide dan bimbingan Pak Bayu Ramadhani Fajri, M.Ds kami dapat menciptakan aplikasi VirGO (Virtual Geometry) dan diberikan kesempatan untuk berbagi ilmu dalam pengabdian ini,” tutur Afifah Zafirah saat diwawancarai secara online.

Sementara itu Defri Ahmad menjelaskan bahwa luaran dari Program Kemitraan Masyarakat tidak hanya menghasilkan aplikasi AR, melainkan juga dapat membuat bahan ajar. Walaupun tidak muda lagi, guru-guru yang tergabung dalam kelompok MGMP Matematika Kota Bukitting yang diketuai oleh Elfa Santi sangat antusias dan bersemangat dalam membuat objek 3D (tiga dimensi) dan merancang aplikasi hingga dapat digunakan pada android masing-masing.

Dengan kondisi pandemi seperti saat ini, tidak menyurutkan semangat belajar para guru meskipun terdapat beberapa kendala dan keterbatasan seperti kondisi jaringan yang tidak stabil. Pada akhirnya pengabdian ini selesai dilaksanakan pada 22 Oktober 2020. (Agusmardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here