DPD PAPPRI SumbarDikukuhkan, Husin Daruhan: Wadah Perjuangan Musisi

745

JURNAL SUMBAR | Padang — Organisasi musik tertua di Indonesia, Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia ( PAPPRI), untuk Provinsi Sumatera Barat kini telah memiliki pengurus baru.

Pada Kamis (17/12/2020) siang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Sumbar Husin Daruhan, SH. Msi Dt Mangkuto beserta jajaran pengurus lainnya dilantik dan dikukuhkan Ketua Umum DPP PAPPRI AM Hendropriyono secara resmi untuk periode 2020-2025.

Dalam pelantikan tersebut, Hendro menyampaikan pihaknya bersama pengurus sedang mempersiapkan perangkat untuk melindungi hak-hak seniman musik, untuk di provinsi tentu juga menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) maupun yang lain demi kesejahteraan para musisi lokal.

“PAPPRI Sumbar ke depan harus bisa segera mewujudkan lahirnya Perda Musik, selain itu juga segera mewujudkan lahirnya sertifikasi musik dan serikat pekerja musik, agar ke depan para insan musik Indonesia tidak terus terdesak oleh artis-artis atau pemusik dari luar negri yang dengan seenaknya konser di Indonesia, mengambil uang dari masyarakat penonton musik di Indonesia kemudian pulang. Tetapi harus ada imbal balik yang sama sama menguntungkan,” kata Hendropriyono dalam sambutannya secara virtual.

Kabinet PAPPRRI Sumbar yang dipimpin Husin Daruhan dihuni oleh figur lintas generasi, diantaranya Bora Fendi, Evan Budiana, Lisna Gampo, Rhenima, Zul Ongga, Meiza Pratama, Rozac Tanjung, Nover T dan Rustam Rusdi, dan banyak nama lainya, seperti Malin Tirih dan Ramon Asben.

Usai pelantikan dan pengukuhan jajaran pengurus, Ketua Umum DPD PAPPRI Sumbar, Husin Daruhan mengatakan kesejahteraan para pelaku musik di Ranah Minang akan menjadi perhatiannya.

“Dimasa mendatang PAPPRI Sumbar akan berupaya mencari formula untuk menuju peningkatan kesejahteraan seniman. Kita akan angkat harkat dan martabat musisi Minang agar bisa hidup lebih baik,” ujar Husin.

Hadir dalam acara prosesi pelantikan, Ketua DPRD Sumbar, Supardi, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, mewakili Kapolda Sumbar dan budayawan Minang, Abel Tasman.

“Sekiranya DPD PARPPI Sumbar bisa merangkul semua kalangan seniman musik dengan baik, tentu akan tercipta karya untuk kemajuan Ranah Minang,” kata Supardi, yang memfasilitasi pelantikan organisasi ini di Aula Rumah Dinas Ketua DPRD Sumbar, Kamis (17/12).

Menurutnya, dengan dilantiknya PAPPRI Sumbar, maka diharapkan seniman musik yang berada di Ranah Minang semakin bergairah dalam mengembangkan budaya lebih baik melalui bidang musik. Serta diharapkan pula dengan wadah ini akan melahirkan musisi-musisi terbaik asal Minang.

“Kita juga meminta dukungan dari semua pihak agar Sumbar terus berkembang lebih baik melalui musik,” ujarnya melalui virtual dari Bali. (Agusmardi.