Hari Ini 156.594 Warga Sijunjung Memilih, Tak Terdaftar di DPT Dua Cabup Sijunjung Tak Bisa Mencoblos

715

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Pada Rabu (9/12/2020) ini, sebanyak 156.594 Warga Sijunjung, Sumatera Barat, akan melakukan pencoblosan untuk memilih calon gubernur/wakil gubrrnur dan calon bupati/wakil bupati di tempat pemungutan suara (TPS) nya masing-masing sesuai di Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah disahkan KPU.

Sayang, dua dari lima calon bupati yang akan dipilih itu tak dapat memilih dan mencoblos pada Pilkada yang berlangsung Rabu (9/12/2020).

Hal itu disebabkan, KTP (Kartu Tanda Penduduk) kedua calon bupati itu beralamat diluar Kabupaten Sijunjung.

Hal itupun tak ditampik Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyah.

“Saat mndaftar sebagai calon hanya dua yang tak ber-KTP Sijunjung. Mereka adalah, Ashelfine ber-KTP Pekanbaru dan Endre Saiful ber-KTP Padang, sehingga tak terdaftar di DPT. Kalau Endre Saiful hanya bisa untuk memilih calon Gubernur saja dan Ashelfine tak bisa memilih sama sekali,”jelas Lindo Karsyah kepada Jurnalsumbar.Com, Rabu (9/12/2020).

Untuk diketahui, secara serentak di seluruh Indonesia pada Rabu (9/12/2020) ini akan melaksanakan perhelatan demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) termasuk di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat juga akan memilih pemimpin baru (bupati dan wakil bupati).


Lindo Karsyah, Ketua KPU Sijunjung

Bahkan logistik Pilkada itu pun sudah didistribusikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke delapan kecamatan yang ada di daerah itu. Pendistribusian tersebut pun dapat pengawalan ketat dari pihak keamanan.

Pada Rabu (9/12/2020) sebanyak 156.594 warga Kabupaten Sijunjung akan menentukan pilihannya. Sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) terdiri dari 77.797 laki-laki dan 78.797 perempuan akan menentukan pilihannya di Pilkada Sijunjung.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung, Lindo Karsya, menyebutkan, ke-156.594 pemilih itu akan mencoblos di 524 TPS yang ada di daerah mereka sesuai DPT.

Sebanyak 160.765 lembar surat sura sudah disiapkan KPU selaku penyelenggara Pilkada dengan melibatkan sebanyak 183 PPS. “Jumlah surat suara itu setelah ditambah 2,5 persen,”kata Lindo.

Pilkada tersebut tak hanya memilih bupati-wakil bupati, tapi Pilkada serentak pada Rabu (9/12/2020) juga akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur.

Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Sijunjung, David Ronaldo,S.STP, berharap agar tak ada warga yang golput. “Ayo kita ke TPS dan jangan golput,”ucap mantan Camat Kamangbaru itu belum lama ini.

Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan, S.IK.MHum, menyebutkan, untuk pengamanan Pilkada, Polres Sijunjung menerjunkan 180 personel dan ditambah 50 personel dari Polda.ius