Geopark Silokek Sijunjung Rancak Bana, Wisata Alamnya Mempesona

855

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sumatera Barat memiliki aneka wisata alam yang mempesona.Salah satunya terdapat di Kabupaten Sijunjung tak hanya dikenal dengan perkampungan adat dengan deretan Rumah Gadang yang kaya nilai budaya. Tapi, daerah yang dijuluki Ranah Lansek Manih itu juga terdapat satu objek wisata alam yang rugi bila tak dikunjungi saat berkunjung kesana.

Anda penasaran?

“Waaaw…ini namanya Geopark Silokek yang ada di Sijunjung. Benar-benar rancak bana. Objeknya masih alami dan indah,”kata Vina Maulina salah seorang pengunjung dari Kota Bukittinggi pada Jurnalsumbar.Com, Kamis (28/1/2021) saat berkunjung kesana.

Hal yang sama dan waktu yang sama juga disampaikan Resti, 29 tahun warga Padangsibusuk yang berprofesi sebagai guru di SDN 5 Padangsibusuk.

“Dengan adanya objek wisata Geopark Silokek, sebuah reprensi bagi keluarga untuk berwisata. Sambil ke pusat kota bisa mampir ke Silokek dan tidak perlu menguras isi kocek yang banyak. Pemandangan dan wisata alam di Geopark Silokek begitu mempesona dan rancak bana,”kata guru itu bangga.

Pengunjung menikmati wisata Geopark Silolek

Lain pula cerita Anggun warga Tanjung Ampalu, ia mengakui wisata alam Silokek luar biasa dan mempesona. Meski demikian, banyak harapan yang disampaikan gadis cantik dari Tanjung Ampalu itu.

“Supaya lebih menarik lagi harusnya ditambah arena permainan maupun wahana anak-anak dan arena hiburan,”kata Anggun kepada Wahyu dan Delvia dari Jurnalsumbar.Com.


Gerbang Silokek

Kepala Dinas Parpora Sijunjung, Afrineldi Amur,SH, mengatakan Geopark Silokek itu berjarak sekitar 16 kilometer dari Muaro Sijunjung (Ibu Kota Kabupaten Sijunjung-ref). Tepatnya, berada di Jorong Tanjung Medan, Nagari Silokek.


Kadis Parpora Sijunjung terima penghargaan wisata award 2020 di penghujung jabatan Bupati Yuswir Arifin

“Wisata satu ini, merupakan salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Sijunjung. Tak sulit untuk sampai ke objek wisata alam itu. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari pusat ibu Kota Sijunjung. Selama perjalanan, pengunjung juga disajikan jalan yang berliku. Meski demikian, akses kendaraan cukup bagus dengan aspal yang mulus,”ucap Kepala Dinas Parpora Sijunjung, Afrineldi,SH yang berhasil menyumbangkan The Best Improvement Wisata Award 2020 dipenghujung masa jabatan Bupati Yuswir Arifin itu.


Wisata Alam Silokek kian diminati pelancong

Tak bisa dipungkiri, kata sejumlah pengunjung, rasa lelah selama menempuh perjalanan akan terbayar ketika sampai di wisata alam tersebut. Tebing-tebing berbatuan menjulang tinggi tak kalah hebat menyita mata. Tebing berbatuan di Geopark Silokek tersebut konon kabarnya telah berusia ratusan tahun.

Untuk diketahui, beberapa tebing berbatuan juga tampak berlubang. Pepohonan yang rindang di sisi kiri dan kanan menambah sejuknya udara di objek wisata alam Silokek. Keindahan alam yang eksotik ini sangat cocok bagi Anda melepas penat dari iruk pikuk kesibukan di ibu kota yang padat.

Apalagi persawahan yang hijau membentang di Nagari Silokek dengan tempat wisata alam yang menakjubkan membuat enggan untuk beranjak dari area Geopark Silokek.


Wisata Arung Jeram juga ada di Geopark Silokek

Ternyata di kawasan Geopark Silokek juga terdapat aliran sungai Batang Kuantan. Airnya yang deras juga cocok menikmati olahraga ekstrem arung jeram. Beberapa waktu lalu, di aliaran sungai ini juga diadakan iven arung jeram kelas dunia. “Benar-benar luar biasa dan memukau,”kata Wahyu dari kru Jurnalsumbar.Com.

Anda penasaran? Nah, bagi Anda yang ingin menikmati liburan, tak salah berkunjung ke Geopark Silokek. Untuk masuk ke wisata alam satu ini juga tidak dipungut biaya.

Tapi, jangan heran ya, karena di Geopark Silokek itu tak akan ada jaringan seluler. Hal ini dikarenakan berada di balik perbukitan. Selamat menikmati indahnya Geopark Silokek. ius/wyu/del