Hari Amal Bakti, 72 ASN Kemenag Tanah Datar Terima Satya Lencana dari Presiden

142

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Hari Amal Bhakti ( HAB ) Kementerian Agama RI Ke 75 Tahun 2021 kembali diperingati di Kabupaten Tanah Datar, Selasa (5/1) dalam pelaksanaan Upacara Bendera dengan Inspektur upacara Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma di halaman Komplek MAN 2 Tanah Datar Lima Kaum, Batusangkar.

Pada kesempatan itu, bupati Zuldafri Darma menyampaikan sambutan Menag RI Menteri Agama RI KH. H. Yaqut Kholil Qoumas, peringatan HAB Kemenag ke 75 bertema Indonesia Rukun yang mana tema ini sejalan dengan semangat nasionalisme meletakan kerukunan antar umat beragama sebagai modal untuk indonesia maju tanpa kerukunan akan sulit mencapai cita-cita bangsa sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

Dikatatakan, pengembangan toleransi kerukunan beragama merupakan karya tokoh agama, menteri agama dan aparatur negara, dari masa kemasa toleransi beragama dilakukan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing agama.

Semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci, yakni, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi harus semakin membaik termasuk dalam pelayanan haji dan umrah, Pendidikan Agama dan Keagamaan serta pusat pelayanan keagamaan.

Seterusnya, penguatan moderasi beragama salah satu penekanan moderasi beragama pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai nilai kebangsaan. Dan persaudaraan, meliputi merawat persaudaraan umat beragama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se tanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Usai aktivitas upacara bendera dilaksanakan penyerahan penghargaan satyalencana dari Presiden Republik Indonesia kepada 72 ASN Kemenag Kabupaten Tanah Datar oleh Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma dan pejabat lain.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Satya Lencana diberikan kepada perwakilan satya 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun serta penyerahan bantuan sembako untuk panti asuhan Aisyiah Kecamatan Tanjung Baru dan Panti Asuhan Muhammadiyah Batipuh Baruah Kecamatan Batipuah.

Kegiatan peringatan HAB kemenagag ke-75 dihadiri Pimpinan Forkopinda, Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora, Kepala Biro IAIN H. Yasrizal, para wakil Rektor, wakil Kepala OPD, Kepala Kantor, Pejabat Pemda, para pejabat Kantor Kemenag dan ASN Kemenag Kabupaten Tanah Datar.

Serta kepala MAN 2 Tanah Datar Lima Kaum Sabrimen, perwakilan Kepala MAN, Kepala Madrasah tingkat MI, MTs dan MA, Kaur TU, Penghulu, Penyuluh Agama Islam Kecamatan, dan para perwakilan ASN Kemenag Kabupaten Tanah Datar – habede.