Kadis Kesehatan Sumbar Dukung Pemkab Sijunjung dan Swasta Bangun RS Pratama , Ini Syaratnya

741

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Barat, Arry Yuswandi, SKM, MKM, Terlibat Bincang Khusus Bersama Pemimpin Redaksi Jurnalsumbar.Com, Saptarius

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Wacana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung membangun Rumah Sakit Pratama/Tipe D mendapat respon positif dan dukungan dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Barat, Arry Yuswandi, SKM, MKM.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Barat, Arry Yuswandi, SKM, MKM, dalam bincang khususnya bersama Pemimpin Redaksi Jurnalsumbar.Com, Saptarius di Padang pada Sabtu (22/1/2021).

Disebutkan Arry, begitu panggilan akrab mantan pejabat di Dinkes Sijunjung, sangatlah bagus jika Pemkab Sijunjung maupun pihak swasta membangun Rumah Sakit (RS) Pratama/ Tipe D dikawasan segitiga emas (Kamang Baru).

Sebab, kata Arry, disejumlah daerah di Sumatera Barat juga telah berdiri RS Pratama, seperti di Pesisir Selatan, Solok Sekatan dan Pasaman.

“Jika Pemkab maupun pihak swasta mau membangun RS Pratama/Tipe pasti kita dukung. Meski begitu, kata harus melihat uji kelayakannya dan harus kita survei terlebih dahulu. Apa sudah layak atau belum dibangun RS Pratama,”papar Arry lagi.

Kadis Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi, SKM, MKM,

“Untuk pembangunan RS Pratama milik daerah harus tersedia anggaran DAK (Dana Alokasi Khusus) nya sebagai pendamping dan dokter umumnya setidaknya minimal ada empat orang ,”terang Kadis Kesehatan Sumbar itu.

Ia juga mengakui, dulu juga pernah ada tokoh masyarakat Sijunjung menyampaikan harapan agar dibangun RS Pratama dikawasan Kamang Baru. Apalagi daerah itu berbatasan langsung dengan Riau dan Jambi serta Dharmasraya.

“Pemkab maupun swasta untuk membangun RS Pratama di Kamang Baru tak masalah dan sangat kita respon. Tapi itu semua ada aturan dan ketentuannya, yang pertama kita survei dan kemudian kita lihat uji kelayakannya,”papar Kadis Kesehatan Sumbar itu. triaboy/del