37 Bacalwana di Lima Nagari Ikuti Ujian Tertulis di SKB Muaro Sijunjung

1358

Plh Bupati Sijunjung, Zefnihan sampaikan arahan pada Timsel dan Peserta

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 37 peserta Bakal Calon Walinagari (Bacalwana) di Lima Nagari (Tanjung Bonai Aur, Padang Laweh, Tanjung, Batu Manjulur dan Sungai Batuang-red) mengikuti ujian seleksi tambahan di SKB Muaro Sijunjung, Sumatera Barat.

Ujian tertulis yang diselenggarakan Tim Penguji tertulis dari Laborotarium Administrasi Publik FISIP UNAND itu dibuka Plh Bupati Sijunjung, Zefnihan, AP, MSi di Gedung SKB setempat pada Kamis (25/2/2021).

Dihadapan peserta, Plh Bupati Zefnihan, mengakui tingginya antusias tokoh-tokoh di nagari untuk membangun nagari. “Apapun hasilnya baik hasil seleksi dan pemilihan harus didukung bersama oleh semua pihak dan diharapkan pada tim seleksi untuk menjalankan sesuai aturan,”kata Zefnihan yang juga Sekdakab Sijunjung itu.

Peserta

Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten 1 Setdakab Sijunjung, Yenuarita,SH.MHum, Kakan Kesbangpol dan Limas, David Rinaldo,S.STP dan seluruh panitia kabupaten juga hadir.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Khamsiardi, S.STP, M.Si, menyebutkan, ke-37 peserta itu, dari Tanjung Bonai Aur sebanyak tujuh peserta, Padang Laweh tujuh, Tanjung delapan peserta, Batu Manjulur tujuh peserta dan Sungai Batung delapan orang.


Para panitia berkesempatan foto bersama

Dijelaskan Khamsiardi, materi dari ujian itu sendiri terdiri dari UUD 45 , Pancasila, Pengetahuan dibidang pemerintahan nagari, pengetahuan dibidang keuangan dan pembangunan nagari, pengetahuan dibidang pemberdayaan dan pembinaan kemasyarakatan nagari dan pengetahuan umum dan pengetahuan dibidang kepemimpinan.

Dari peserta itu akan dipilih lima Calwana yang bakal akan mengikuti Pilwana pada 7 April 2021 mendatang itu. Pilwana itu sendiri akan diikuti 16 nagari yang tersebar di tujuh kecamatan kecuali Kecamatan Sijunjung.

Untuk diketahui, dalam ujian tertulis itu memakan waktu 100 menit dan soal 100 buah jawaban pilihan ganda menyilang. “Punguman hasil jam 13.00 WIB,”tambah Sekretaris DPMN Sijunjung, Dasrial, S.Sos. ius