9 Tahun RSUD Sijunjung Melayani, Bupati Yuswir Arifin; Berkifrah Sebagai Wadah Pelayanan

374

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Diharapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung, Sumatera Barar, menjadi tujuan terbaik bagi masyarakat Sijunjung.

Hal itu disampaikan Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Drs. H. Yuswir Arifin Datuk Info Marajo, MM, disaat hari jadi RSUD ke-9 tahun—saat bertindak selaku komandan apel di RSUD setempat pada Kamis (4/2/2021).

Disebutkan bupati, bahwa banyak perlu yang dibenahi di RSUD. Baik itu, dari segi poli, dan lainnya. “Semoga keberadaan gedung baru dapat menciptakan suasana kondushif dan pelayanan prima dan target melayani masyarakat terwujud. Nah, untuk itu, dukungan semua managemen atau stokholder dan para medis lainnya sangat diharapkan. Jadikan rumah sakit yang diminat masyarakat, karena rumah sakit selalu dipantau orang banyak. Termasuk dari LSM wartawan maupun yang lainnya,”tandas bupati dihadapan jarajan RSUD Sijunjung.

“Kalau ada kelemahan tolong sampaikan pada pimpinannya dulu jangan disebar ke media dan ini salahsatu tantangan dan resiko. Kinerjanya jangan kendor oleh pemberitaan atau isu lainnya anggap itu pelecut atau koreksi kinerja dan jangan kinerja sampai mundur,”pinta bupati.

Direktur RSUD Sijunjung, dr. Diana oktavia, Sp.PD, kata bupati, diharapkan dapat merancang untuk kemajuan Sijunjung. Bupati juga menceritakan sejarah rumah sakit termasuk mulai dibangunnya rumah sakit megah itu.

Bupati juga menyampaikan masa jabatannya berakhir pada 17 Februari 2021 dan mengucapkan terimakasih pada semua pihak atas dukungan programnya.

“Semoga jadi amal ibadah bagi kawan-kawan di RSUD dan program yang sudah terlaksana saya ucapkan terimakasih. Nilai positif dan negatif untuk kita semua dan untuk itu mari kita tingkatkan kinerja dan menjadikan rumah sakit yang diminati tidak hanya dari Sijunjung tapi diluar Sijunjung pun meminatinya. Kian banyak tidak berobat karena sehat akan lebih baik dan membuat rumah sakit akan lebih baik,”ucap bupati.

Untuk melayani warga, RSUD Sijunjung juga telah menyediakan dua unit mobil jemputan pasien yang mau berobat ke RSUD. “Diharapkan menjemput masyarakat tepat waktu,”terang bupati.

Kegiatan hari jadi RSUD itu juga ditandai pemotongan nasi tumpeng dilakukan bupati. Naai tumpeng itupun diberilan bupati pada Direktur RSUD.

Tak hanya itu, kegiatan juga dirandai dengan penanaman pohon lansek manih. Bupati minta agar bibit lansek manih itu dipelihara. “Diharapkan kebun lansek itu ada di RSUD Sijunjung, apa lagi lokasinya cukup luas.
Untuk itu diminta kerjasama dengan Dinas Pertanian Perkebunan,”ucap Bupati dalam apel pagi di RSUD itu.

Usai penanaman bibit Lansek Manih, dilanjutkan telewicara secara virtual zoom meting ke jajaran Dinkes, Puskesmas dan Nagari-nagari dari RSUD. Bupati didampingi Direktur RSUD Sijunjung dalam acara ramahtamah RSUD Sijunjung melayani.

“RSUD Sijunjung melayani akan selalu menciptakan inovasi, sehingga akan selalu dicintai masyarakat. Senyum kami adalah kesembuhan anda dan senyum.anda kebahagian kami,”ucap Direktur RSUD Sijunjung itu dalam acara zoom metingnya.

Bahkan Direktur RSUD juga memaparkan tentang keberadaan RSUD dan penanganan kesehatan termasuk penangan Covid-19.

Bupati bangga atas adanya kegiatan zome meting tersebut yang disediakan RSUD Sijunjung. Apalagi bupati dan Direktur RSUD bisa berkominikasi langsung dengan pihak nagari-nagari dan kecamatan seputar armada yang disediakan RSUD.

Direktur RSUD Sijunjung, mengatakan, bahwa RSUD Sijunjung, juga melayani unit pengaduan. “Kalau ada masyarakat yang merasa tidak puas terhadap layanan RSUD silahkan masukan keluhan pada unit tersebut yang ada dilantai satu RSUD,”kata Direktur RSUD Sijunjung, dr. Diana oktavia, Sp.PD.ius