Kamis, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Audy Dilantik Presiden Jokowi di Istana

280

JURNAL SUMBAR | Padang – Kalau tidak ada aral melintang, rencananya, pada Kamis (25/2/2021) besok, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Audy.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumatera Barat (Sumbar), Jasman Rizal, seperti dikutif katasumnar.com.

“Benar, besok Kamis, (25/2/2021-red) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih, akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo,” katanya.

Jasman menambahkan, pelantikan keduanya akan berlangsung di Istana Negara.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat, umumkan dan tetapkan usul pengesahan pengangkatan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam pemilihan tahun 2020, pada Selasa (22/2/2021).

Hadir dalam kesempatan ini gubernur dan wakil gubernur terpilih Mahyeldi-Audy, PJs Gubernur Sumbar, Hamdani, perwakilan Forkopimda, perwakilan KPU Sumbar, dan anggota DPRD Sumbar.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan rapat paripurna itu merupakan tindak lanjut dari laporan KPU Sumbar soal gubernur terpilih.

Mendadak

Kepala Biro Pemerintahan Setda Sumbar Iqbal Rama Dipayana mengatakan, pihaknya sudah menerima pemberitahuan pelantikan Mahyeldi-Audy dari Sekretariat Presiden, Rabu (24/2/2021) pagi.

“Pemberitahuan itu kami teruskan kepada pasangan Mahyeldi-Audy,” kata Iqbal seperti dikutif dari kompas.com.

Iqbal mengatakan, pihaknya tidak mengetahui penyebab Mahyeldi-Audy dilantik secara mendadak.

“Itu kewenangan Presiden. Jadi saya tidak tahu apa alasannya. Kami hanya menjalankan perintah saja,” kata Iqbal.kal/kompas.com