Ke Ninik Mamak dan Bundo Kanduang, Bupati Eka: Jangan Pediarkan Kami Hanyut dan Tenggelam

374

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Kami telah diserahkan ninik mamak Lintau dan Nagari Rao-Rao kepada LKAAM( Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau ) kabupaten Tanah Datar tentu kami mengharapkan ninik mamak dibawah naungan LKAAM mohon selalu dapat memberikan nasehat selama kepemimpinan kami selaku bupati Tanah Datar bersama wabup Richi Aprian lima tahun ke depan.

Hal itu dikemukan Bupati Tanah Datar Eka Putra S.E dalam aktivitas prosesi adat ‘ Tibo bananti datang baanta ‘ Eka – Richi ‘ sebagai bupati wakil bupati periode 2021 – 2026 oleh ninik mamak dan masyarakat Lintau Sembilan Koto dan Nagari Rao-Rao Seitarab, berlangsung di gazebo Indojolito Batusangkar, Sabtu (27/2).

Jangan pediarkan kami hanyut, kalau hanyut tolong cepat dipintasi, dan kalau tenggelam tolong cepat diselami, sambung Eka lagi didampingi Wabup Richi Aprian bersama kedua isteri, Ny.Lise Eka Putra dan Ny.Patty Richi Aprian.

Kepada Bundo kanduang selaku limpape rumah nan gadang, amban paruik pagangan kunci, pusek jalo kumpulan tali, hiasan di dalam kampuang,sumarak dalam Nagari.

Tugas- tugas pemerintah banyak terkait dengan ninik mamak dan bundo kanduang untuk itu kami minta ninik mamak dan bundo kanduang bisa bersama – sama membangun Tanah Datar

Pembangunan kondisi tanah datar cukup berat, baban berat sangguluang batu ,tutur Eka, tetapi eka bersama Richi berkomitment memikulnya tentu saja dengan dukungan ninik mamak dan bundo kanduang.

Membangun dengan jiwa gotong royong, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing sehingga tanah datar bisa menjadi maju dan madani, padi masak jagung maupiah,taranak berkembang biak.

Seterusnya, yang jadi masalah ,tegas Eka, adalah kasus narkoba saat ini meningkat di Tanah Datar yang harus ditanggulangi bersama, dan kita akan berusaha menghilangkan narkoba segera di TanahDatar ” Kan bisa ninik mamak dan bundo kanduang membantu untuk menanggulangi narkoba ini ?,” tanya Eka yang disambut ninik mamak dan bundo kanduang, siap membantu.

Khusus pembinaan LKAAM Tanah Datar, sesuai janji kampanye, Eka akan berusaha meningkatkan dana pembinaan LKAAM Tanah Datar dengan dana itu akan bisa pula membina anak kemenakan kita nantinya.

Seterusnya, Eka mengharapkan doa dari para ninik mamak dan bundo kanduang agar pandemi yang kita alami saat ini bisa berakhir, sehingga aktivitas pemerintah akan lebih baik untuk masa datang mengatasi masalah pembangunan yang sedang dihadapi dewasa ini.

Dalam kesempatan itu turut memberikan perkenalan wabup Richi Aprian yang membicarakan pentingnya peranan ninik mamak, bundo kanduang, dan pemerintah daerah dalam membangun Tanah Datar ke depan.

Sementara ketua LKAAM Tanah Datar I.Dt Marah Bangso mengharapkan Bupati Eka – Richi dalam menjalankan pemerintahan harus komit dengan Janji Kampanye yang telah diucapkan.

Dan jadi lah bupati masyarakat Tanah Datar secara keseluruhan tidak ada bupati Lintau atau wakil bupati dari Rao-Rao.Yang ada hanya Bupati dan wakil bupati Tanah Datar, pungkas Dt Marah Bangso.

Usai pelaksanaan aktivitas prosesi adat ‘ Tibo bananti datang baanta ‘ Eka – Richi ‘ dilanjutkan dengan rapat paripurna di Gedung DPRD Tanah Datar, Pagaruyung, dan malam ini dislenggarakan malam pengantar tugas bupati dan Wabup Tanah Datar di gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar – habede.