Susun RPJMD, Baperlitbang Tanah Datar Bahas Pengembangan Potensi Ekonomi Kecamatan

166

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Dalam aktivitas menyusun RPJMD( Rencana pembangunan jangka menengah daerah) Kabupaten Tanah Datar 2022-2026 dibutuhkan strategi dan arah kebijakan efektif untuk pencapaian target pembangunan daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi Dt Maruhun Sati ketika membuka rapat Pengembangan Potensi Ekonomi Kecamatan yang dilaksanakan Baperlitbang( Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Tanah Datar )
, Rabu (10/02) di Aula Baperlitbang, Pagaruyung.

Dikatakan Irwandi, salah satu strategi yang digunakan adalah pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dengan basis keunggulan wilayah yang sejalan dengan pasal 11 PP nomor 17/2018 tentang kecamatan mendorong penguatan peran kecamatan dalam pembangunan daerah.

Kecamatan, sebut Irwandi, mempunyai peran sangat strategis di kabupaten dalam mendukung aktivitas perekonomian karena kecamatan merupakan garda terdepan bersama masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

Makanya arah pembangunan ekonomi daerah, imbuh Irwandi lagi, harus dilaksanakan secara sinergi oleh masing-masing OPD serta berdasarkan pada potensi ekonomi setiap kecamatan.

Pada kesempatan itu, masing-masing kecamatan mengekspos potensi ekonomi daerah, permasalahan dan alternatif solusi yang ditawarkan sebagai bahan perencanaan pembangunan daerah ke depan. Ekspos tersebut akan diinventarisir, ditelaah dan dikaji lebih lanjut oleh Baperlitbang bersama OPD terkait dan selanjutnya menjadi catatan strategis bagi OPD untuk ditindaklanjuti dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah Tanah Datar.

Aktivitas itu diikuri seluruh kecamatan, perangkat daerah Dinas Pertanian, Dinas Pangan dan Perikanan, Dinas Pariwisata Pemuda dan  Olahraga, Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan dan dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Nusyirwan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto serta Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah dan jajarannya – habede.