Tentukan Cabor Unggulan Tanah Datar, Tim Penilai Koni Kordinasi dengan Dinas Parpora

234

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Untuk menyemarakan eksistensi olah raga di Tanah Datar diharapkan ketua cabor( Cabang olah raga) diminta melaksanakan aktivitas setiap cabang olah raga yang pimpinan nya.

Hal itu dikemukakan Ketum(Ketua umum) Koni Tanah Datar Doni Eka Putra didampingi Sekum Syamsuar Mohd Sutan dalam rapat pengurus Koni dan ketua Cabor membicarakan tentang olah raga unggulan kabupaten Tanah Datar, Senin(8/2) di kantor Koni Tanah Datar, Batusangkar.

Dengan adanya kegiatan olah raga itu, sebut Doni, maka suasana Luhak Nan Tuo akan terlihat lebih semarak di tengah-tengah masyarakat terlebih lagi di kalangan generasi muda , karena selama ini kondisi olah raga kurang menggeliat lantaran Pandemi Covid 19.

Sementara itu, Ketua tim penilai olah raga unggulan Zulkifli Bahri mengatakan rapat yang diadakan berdasarkan, surat Koni Sumatera Barat Nomor : 32/K-SB/KU/I/2021, membahas dan menetapkan keriteria tentang olah raga unggulan.

Dikatakannya, Olah raga unggulan bakal dipilih mencakup enam kriteria, yakni,
1. Cabang olah raga berprestasi.
2. Merakyat dan menjadi kegemaran di tengah masyarakat.
3. Memiliki pengelolaan orgqnisaai baik.
4. Memiliki sarana dan prasarana representativ.
5. Memiliki program kerja terstruktur,berjenjang dan berkelanjutan.Dan
6. Cabang memiliki pengelolaan keuangan baik, transparan, akuntabel dan prestasi si suatu tingkat dan event.

Untuk melakukan penilaian guna mendapat olah raga unggulan tingkat Nasional dan Internasioanal, ucap Zulkifli Bahri, tim penilai ketum,ketua harian,sekum, dan wakil-wakil ketua dan tiga participan akan melakukan koordinasi dengan dinas Parpora Tanah Datar.

Cabang olah raga apa yang terpilih sebagai olah unggulan, ucap Zulkifli, akan diketahui sekitar bulan maret dan hasilnya akan diumumkan dalam Raker ( Rapat kerja) bulan Mei 2021 yang tempatnya akan ditentukan kemudian – habede.