Disiarkan Secara Virtual, Bapppeda Sijunjung Gelar Musrebang RKPD Tahun 2022

507

Bupati Benny Dwifa Yuswir memberi arahan pada Musrenbang

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, MSi hadiri musyawarah perencanaan pembangun (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 yang digelar Bapppeda setempat di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

Kegiatan Musrenbang itu dihadiri Wabup Sijunjung, H. Iraddatillah, Ketua DPRD H.Bambang Surya Irwan dan unsur pimpinan serta para forkopimda dan unsur provinsi dan undang dari kabupaten kota daerah tetangga, Ketua/Wakil Ketua TP PKK dan GOW serta pimpiman OPD dan tokoh masyarakat lainnya termasuk unsur DPRD Sumbar juga hadir dalam acara Musrenbang itu.


Bupati dan unsur forkopimda serta TP PKK Foto bersama

Mengangkat tema; Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah Melalui Peningkatan Kualitas Infrastruktur dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Musrenbang RKPD Kabupaten Sijunjung itu digelar.

Plt Bapppeda Sijunjung, Yuni Elfiza, MSi, menyebutkan kegiatan diikuti 177 peserta, diruangan 100 orang dan 77 ikuti secara virtual. Sebelumnya, kara Yuni, kegiatan Mursrenbang tingkat kecamatan juga dilaksanakan.


Plt Kepala Bapppeda Sijunjung, Yuni Elfiza, MSi,

Disebutkan Yuni, sebelum melaksanakan Musrenbang, Bapppeda telah melakukan serangkaian kegiatan sesuai yang diatur dalam Permendagri nomor 86 Tahun 2017.

“Kegiatan yang dilakukan itu, forum konsultasi publik dilaksanakan pada 28 Januari 2021 yang diikuti kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan untuk memperoleh masukan dan saran penyumpurnaan rancangan awal RKPD 2022. Tujuan Musrenbang untuk membahas RKPD Kabupaten tahun 2022 untuk disempurnakan berdasarkan rancangan awal Renja seluruh perangkat daerah yang telah diverifikasi dan hasil penelaahan terhadap rancangan RKPD provinsi, RKP dan Program Strategis Nasional,”jelas Kepala Bapppeda.

Ditambahkan Yuni, sasaran yang dicapai, disepakatinya pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, disepakatinya program, kegiatan, indikator, dan target kinerja serta lokasi. Selaras program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi serta terklarifikasinya program kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan nagari yang diusulkan berasarkan hasil musrenbang kecamatan.

Kepala Bapppeda Sumbar diwakili Fungsional Perencana Ria Oktavina menyampaikan secara virtual. Ia menjelaskan indikator pertumbuhan ekonomi, masalah ekonomi, pendidikan dan masalah kemiskinan dan pariwisata Sumbar termasuk Sijunjung juga dikupasnya.


Ketua DPRD Sijunjung saat memberi sambutan

Dalam Musresbang itu, Pemprov Sumbar mengangkat isu pertanian sebagai strategi andalan. Masalah wisata juga jadi isu andalan dalam pembangunan di Sumbar.

Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irwan, dalam sambutannya mengatakan, hingga saat ini pemerintah masih berjuang menghadapi Covid-19.

“Kami sambut dengan baik, semoga Musrenbang berjalan dengan baik sesuai visi-misi kepala daerah. Pokok -pokok pikiran DPRD supaya bisa jadi acuan untuk pembangunan. Bidang sosial budaya, infrastruktur agar cepat pertumbuhan ekonomi. Peningkatan aparatur sangat diperlukan supaya SDM nya profesional dan usulan masyarakat perlu diperhatikan dan penajaman prioritas tahun 2022 serta pemantan sumberdaya alam (SDA) perlu perhatian,”kata politisi Partai Gerindra itu.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, mengatakan, ucapan terimakasih dan apresiasi pada seluruh pemerintah kecamatan yang berhasil melaksanakan Musrenbang tingkat nagari. “Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung akan mengawal kegiatan pembangunan Sijunjung,”kata Bupati Benny.

Secara gemblang bupati yang juga manta Kepala Bapppeda Sijunjung itu juga menyampaikan perkembang pembangunan Sijunjung. Mulai soal pendidikan, masalah kemiskinan, ekonomi, pengangguran yang meningkat akibat dampak Covid-19 juga disampaikannya.

Masalah visi Kabupaten Sijunjung Sejahtera Unggul dan Madani juga disampaikan bupati, termasuk masalah misi SDM yang cerdas, kualitas infrastruktur juga disampaikannya. Ia mengakui pertumbuhan ekonomi dan pembangunan terlambat akibat pandemi Covid-19. Untuk itu ia minta memvokuskan pertumbuhan ekonomi dan sektor infrastruktur.

“Kami butuh infrastruktur jalan provinsi dan jalan negara serta masalah irigasi, normalisasi dan pembangunan pendidikan dan kami berharap pada Bapppeda Sumbar untuk menempatkan Sijunjung sebagai prioritas,”harap bupati dalam Musrenbang secara vitual itu.ius