Legislator Anton Yondra: Kita Tunggu Gebrakan Bupati Eka  dan Wabup Richi Membangun Tanah Datar

274

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Saya mewakili kawan-kawan DPRD Dapil IV, menyampaikan permohonan maaf, program kegiatan bakal dilaksanakan melalui dana Pokir (Pokok pikiran) DPRD Tanah datar tahun 2020 dan 2021 tidak jadi dilaksanakan, karena dana tersebut direfocusing untuk penanganan Covid-19.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra sekaligus sebagai legislator  mewakili anggota DPRD Dapil IV menyampaikan hal itu, Jum’at (12/3) dalam Musrenbang kecamatan Sungayang  Tahun Anggaran 2022  di kantor camat Sungayang.

Dikataka Anton, ke depan, ditumpangkan harapan kepada Pak Bupati Eka  dan Wabup Richi melakukan gebrakan dalam membangun Tanah Datar. Walau pun Pandemi Covid menghalang aspek pembangunan tanah datar, tetapi kita haqul yakin dengan Bupati dan Wabup saat ini yang  masih muda dan energik mampu melaksanakan untuk  kemaslahatan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Wabup Tanah Datar Richi Aprian menyatakan karena keterbatasan APBD Tanah Datar, maka nagari dan kecamatan dapat menentukan perencanaan program prioritas yang akan dilaksanaka tahun anggaran tahun 2022 mendatang.

Dalam masa kepemimpinannya bersama Bupati Tanah Datar Eka Putra, imbuh Richi Aprian ingin menjadikan warwah dan nama Tanah Datar semakin dikenal di tingkat nasional. Untuk mengharumkan nama Tanah datar itu,akan kami coba laksanakan 10 program unggulan yang kita gagas bersama,maka kami butuh dukungan dan kerjasama semua pihak.

Untuk menggapai prestasi tersebut, tekan Richi perlu menyingkirkan dan mehilangkan ego sektoral masing-masing OPD demi satu tujuan membangun Tanah Datar Madani, maka tidak ada OPD menjadi anak emas atau primadona, namun tanamkan, OPD satu dalam bingkisan Pemkab Tanah Datar untuk mencapai masyarakat  madani tersebut.

Ketua Tim IV Pembina Musrenbang Kabupaten yang juga Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah memaparkan  visi dan misi Tanah Datar. Dan menyebutkan musrenbang tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, pra musrenbang tanpa menghadirkan peserta banyak.Dalam musrenbang Kecamatan walau tidak berdiskusi tetapi tetap menerima masukan untuk penyempurnaan program prioritas.

Selanjutnya camat Sungayang Yatriwel mengatakan  dalam pra musrenbang diikuti 5 nagari di Kecamatan Sungayang telah mencapai kesepakatan program prioritas akan diusulkan ke Musrenbang Kabupaten. Program Prioritas yang belum terlaksana dari tahun 2019, 2020, 2021 akan kita usulkan kembali tahun 2022 mencakup bidang pembangunan fisik, sosial budaya dan Ekonomi.

Musrenbang itu dihadiri para legislator DPRD Dapil IV Benny Apero dan Nurhamdi Zahari, anggota Tim IV Pembina Musrenbang Kabupaten, Forkopimca, Wali Nagari se Kecamatan Sungayang dan undangan – habede