Wabup Richi: Aparat Satpol PP dan Satlinmas Tanah Datar Diminta Jaga Profesionalisme

220

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Aparat Satpol PP dan Satlinmas khususnya di Kabupaten Tanah Datar tetap menjaga profesionalisme dan tetap humanis dalam bekerja serta tidak meninggalkan nilai-nilai ABS-SBK.

Hal itu dikemukan wabup Richi Aprian didampingi Kasatpol PP Tanah Datar H Yusnen M.Si usai upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-71 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-59 Tahun 2021 di halaman kantor Gubernur Sumbar,Rabu (17/3) di Padang.

Dikatakan Richi, saat ini kita masih  dalam kondisi pandemi Covid-19 agar menegakkan aturan terkait protokol kesehatan ketika melaksanakan tugas, dan kita mengharapkan wabah cepat  menghilang, serta kegiatan-kegiatan kembali normal.

Sementara itu, Gubernur Sumbar diwakili Sekretaris Daerah Propinsi Alwis selaku inspektur upacara menyampaikan amanat Mendagri, yakni,  satpol PP dan Satlinmas, selain menjadi mitra aparat keamanan, dan mengemban fungsi pelaksanaan penegakan Peraturan Daerah (Perda) juga memiliki peranan untuk melindungi masyarakat.

Menurut Alwis, walaupun perlu mendapat dukungan, tetapi Satpol PP dan Satlinmas tidak  melakukan pembiaran terhadap masyarakat yang melanggar peraturan, karena pelanggaran hukum dapat merugikan masyarakat lain. Oleh karena itu, Satpol PP dan Satlinmas diminta melakukan intropeksi terhadap kinerja selama ini – habede.