Abien, Calon Ketua KONI Sumbar yang Tidak Banyak Bicara Tapi Berlimpah Prestasi

645

JURNAL SUMBAR | Padang – Tak beberapa lama lagi bakal segera dilaksanakan suksesi kepemimpinan KONI Provinsi Sumbar. Untuk itu, simak percakapan Pemimpin Umum Jurnalsumbar.Com Novermal Yuska, SH, MHum yang juga owner media ini dengan Ketua KONI Kota Padang, H. Agus Suardi yang juga sebagai kandidat Ketua KONI Sumbar. Berikut petikannya yang diturunkan secara utuh;

Pada Senin malam, 3 Mei 2021, saya bertemu Ketua KONI Kota Padang, H. Agus Suardi di Nipah Coffee, sebuah kafe di bilangan jalan Nipah, Kota Padang. Kami sempat diskusi tentang suksesi kepemimpinan KONI Provinsi Sumbar. Agus Suardi yang akrab disapa Abien yang juga maju sebagai calon ketua KONI Sumbar ini, ternyata tipikal orang tidak banyak bicara dan tidak pandai beretorika, tapi kinerjanya berlimpah prestasi.

Owner Laundry Linen yang bekerja sama dengan banyak hotel berbintang ini berkomitmen, jika terpilih jadi Ketua KONI Sumbar, dia akan melakukan reformasi birokrasi pelayanan administrasi dan keuangan bagi cabang-cabang olahraga dan atlet binaan. Abin akan berkoordinasi dengan Dispora Sumbar dan Ombudsman Sumbar membuat SOP pelayanan publik di KONI Sumbar. Abien juga akan merangkul teknokrat/akademisi olahraga, profesional olahraga, dan mantan atlet berprestasi dalam pembinaan dan pengembangan olahraga Sumbar kedepan.

Untuk jangka panjang, Abien akan mendorong Gubernur dan DPRD Sumbar membuat regulasi sistem pembinaan dan pengembangan olahraga di Sumbar, yaitu berupa Perda dan Pergub yang harus diikuti oleh Bupati/Walikota dengan membuat Perda dan Perbup/Perwako di daerahnya. Sehingga, kedepan ada kesesuaian visi dan misi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pembinaan dan pengembangan olahraga di Sumbar, termasuk di dalamnya untuk kesejahteraan dan masa depan atlet dan pelatih.

Selain komitmen, Abien yang punya hubungan baik dengan Gubernur Sumbar, Pimpinan dan Anggota DPRD Sumbar, serta banyak pimpinan cabang olahraga, ketua KONI Kabupaten/Kota dan pengusaha ini, juga sudah berpengalaman tujuh tahun mengelola olahraga di Kota Padang sebagai ketua KONI Kota Padang periode 2015-2019 dan 2019-2023, dan prestasinya sangat bagus. Selama Abien memimpin KONI Kota Padang, tidak ada komplain dari cabang olahraga dan atlet binaan yang sampai demo menduduki dan merusak kantor KONI Kota Padang.

Beberapa prestasi Abien selama memimpin KONI Kota Padang adalah, juara umum Porprov 2016 di Padang dengan perolehan medali dua kali lipat dari Porprov sebelumnya, dan kembali juara umum pada Porprov 2018 di Padang Pariaman. Di cabang sepakbola, PSP Padang juara Sumbar 2019 di tiga kelompok umur pada iven Liga 3, Soeratin U 17 dan U 15. Hebatnya lagi, PSP Padang juara 1 nasional pada Soeratin U 15.

Pengakuan Pemko Padang atas prestasinya, Abien dinobatkan sebagai Pembina Olahraga Terbaik Kota Padang pada Haornas 2019, dan dianugerahi Pin Emas sebagai Tokoh Masyarakat Peduli Olahraga pada Hari Jadi Kota Padang 2020. Dua penghargaan ini menandakan, Abien kompeten dan cakap memimpin organisasi olahraga. Dengan demikian, Abien layak dan pantas naik kelas memimpin KONI Provinsi Sumbar.

Selamat “bertarung”, pak Abien. Teruslah bekerja tanpa banyak bicara. Niat baiknya pasti akan berbuah kebaikan. Salam olahraga.*