Setelah Lima Pengunjung Tewas, Polisi Tutup Wisata Danau di Sawahlunto Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Polisi menutup sementara kawasan Wisata Kandi Sawahlunto, Sumatera Barat, menyusul tewasnya lima orang pengunjung setelah terbenam di danau.

Para pengunjung itu terjatuh masuk danau karena dermaga ambruk.
Kapolres Sawahlunto AKBP Junaidi Nur mengatakan penutupan lokasi wisata bekas tambang batubara itu dilakukan untuk menghindari munculnya kasus-kasus lain.

“Untuk sementara kita tutup. Juga sedang lakukan penyelidikan,” kata Kapolres kepada wartawan, Kamis (27/5/2021).

Berkaitan dengan musibah yang terjadi, Junaidi menyebut pihaknya masih melakukan penyelidikan. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan karena adanya dugaan pelanggaran prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP) pembukaan jam operasional objek wisata.

“SOP-nya dibuka jam 08.00-17.00 WIB. Kenyataannya kejadian terjadi pukul 18.00 WIB, di mana seharusnya objek wisata itu sudah tutup,” kata Junaidi.
“Sekarang baru kita lakukan penyelidikan. Belum lidik,” tambah dia.

Satu Keluarga Jadi Korban

Epi

Delapan orang pengunjung wisata Kandi, Sawahlunto, Sumatera Barat, jatuh masuk danau akibat ambruknya sebuah dermaga di tempat itu.

Semua korban masih satu keluarga yang hendak berwisata dan berswafoto di dermaga danau. Malang bagi mereka dermaga ambruk sehingga 5 orang tewas, sementara tiga lainnya berhasil selamat.

“Pencarian sampai dinihari tadi. Semuanya sudah ditemukan. Ada delapan korban. Lima meninggal dunia, 3 selamat,” kata Kepala Badan Pelaksana BPBD Sumatera Bart, Erman Rahman seperti dikutif detikcom, Kamis (27/5/2021).

Menurut Erman, peristiwa nahas itu terjadi Rabu (26/5/2021) petang. Mereka mengabadikan moment wisata dengan berfoto-foto di kawasan danau bekas galian tambang batu bara itu. Saat berada di area dermaga, tiba-tiba dermaganya ambruk dan mereka-pun terjatuh.

“Kami mendapatkan laporan menjelang magrib. Tim langsung melakukan pencarian dan menemukan semuanya hingga dinihari,” jelas dia.

Lima korban yang tercatat meninggal dunia tersebut adalah Widya Wulandari (28), Luffy Septiano (21), Elia Nelsa Prisanti (17), Siska Rahayu (26), dan Elvi Yendri Tampunik (48).sumber.detik.news

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.