Jika Zefnihan Jadi Sekdaprov, Nama-nama Ini Berpeluang Jadi Sekda Sijunjung

1895

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dengan masuknya Sekdakab Sijunjung, Zefnihan, AP.MSi, sebagai kandidat Sekdaprov Sumbar, maka kursi yang bakal ditinggalkan Zefnihan harus ada penggantinya. Untuk itu, sejumlah nama pun telah telah disebut-sebut.

“Jika pak Zefnihan jadi Sekdaprov Sumbar, maka harus ada penggantinya sebagai Sekdakab Sijunjung. Sebelum jabatan Sekdakab Sijunjung dilelang, maka bupati akan menunjuk Plt Sekda,”kata sumber, Kamis (3/6/2021).

Sejak masuknya Zefnihan ke bursa seleksi Sekdaprov Sumbar, sejumlah isu pun menguat menyebut bakal ada sejumlah nama disebut-sebut menjadi penggantinya.

Nama Ir. Nizam Ul Muluk, M.Si (Kadis Pangan dan Perikanan) salahsatu kandidat yang diperhitungkan. Bahkan ketika seleksi Sekdakab Sijunjung, ia bersama Irwandi, SIP., M.Si (kini Sekdakab Tanah Datar-red) tersisih oleh Zefnihan setelah melalui Seleksi Jabatan Tinggi Pratama Pimpinan.

Nama lain yang bakal membididik BA 6 K itu, terdapat Jaheri (Kadis PM PTSP) juga diknenal sosok birokrasi yang sarat dengan pengalaman.

Selain itu terdapat nama Hasmizon, yang saat ini menjabat Sekwan juga dikenal sosok birokrasi banyak pengalaman. Bahkan belum lama ini ia sempat masuk nominasi Calon Sekdako Sawahlunto, namun kala itu Dewi Fortuna belum berpihak padanya.

Selain itu juga terdapat nama Febrizal Ansori yang saat ini menjabat Kadis Dukcapil. Sosok yang satu ini juga sarat pengalam di birokrasi. Begitu juga nama Yofritas (Kadis Sosial) juga terbilang menyimpan segudang pengalaman.

Siapa yang Bakal Menduduki Kursi Sekdakab Sijunjung jika Zefnihan jadi Sekdaprov Sumbar

Nama Edwin Suprayogi (Asisten 3) juga dikenal sosok yang berpengalaman dan juga lama malangmelintang di dunia kesehatan dan juga pantas diperhitungkan sebagai pengganti Zefnihan.

Nama lain terdapat nama Welfiadril yang saat ini menjabat sebagai Inspektorat Daerah. Sosok birokrasi yang satu ini juga kaya dengan pengalaman, baik dibirokrasi maupun di organisasi kepemudaan di eranya kala itu.

Nama Kadis Perkim LH Sijunjung, Riki Mainaldi Neri juga disebut sosok birokrasi yang layak untuk pengganti Zefnihan jika Zefnihan dipercaya jadi Sekdaprov Sumbar.

Tak hanya itu, menurut salahseorang pejabat eselon II yang tak ingin disebut namanya, mantan Kadis P dan K dan mantan Kadis Perhubungan, Efigon (Kadis Satpol PP Damkar-red) layak menggantikan Zefnihan. “Pak Efigon sangat tepat untuk menduduki posisi Sekdakab, masih banyak lagi orang Sijunjung yang lebih hebat dari Zefnihan kok. Tapu, mereka diam pakai ilmu padi aja,”kata pejabat itu. Dia mengaku ogah untuk menduduki posisi Sekda. “Termasuk pak Hasmizon itu pantas dan layak jadi Sekda,”tambah pejabat itu lagi.

“Kalau saya mau, sejak 2010 era pak Datuk Yuswir sudah jadi Sekda dulu, saya aja yang tak mau, “ucapnya yakin pada Jurnalsumbar, Jumat (4/6/2021) sambil ketawa geli.

Peluang lain juga bisa dari luar Pemkab Sijunjung, karena seleksi pemilihan Sekdakab itu dilakukan secara terbuka “lelang”. “Siapa saja bisa mencalon asal ASN yang sudah memenuhi syarat dan warga NKRI,”ujar sejumlah sumber.

Menurut tokoh penting di Kabupaten Sijunjung, untuk mendudukan Sekdakab itu bukan asal-asalan.

“Kalaupun tak lebih dari Zefnihan setidaknya sama. Kita lihat saja nanti, kan ada Tim Sel yang akan menilainya,”ujar tokoh penting itu tak ingin namanya disebut menjawab Jurnalsumbar.Com, Kamis (3/6/2021) via telepon selularnya singkat. ius