Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar Ajak Pimpinan OPD Tanam Bawang Merah

138

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar lagi – lagi mengajak Kepala OPD terkait turun ke sawah, kali ini giliran Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan ( TPHP), Pesisir Selatan Nuzirwan N Chaniago diajak untuk menaman bawang merah. 

Tidak lupa sepatu boad nya, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, bersama Kadis Hortikultura Nuzirwan, Camat Air Pura dan Anggota DPRD Pessel Dapil 5 Ronaldi, AMd ( Partai PDI. Perjungan) ikut bersama orang no satu di Pessel, menanam bawang merah. 

Pada media Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar mengatakan, bahwa kegiatan tanam bawang merah melalui demplot percontohan tanaman Holtikultura di Kenagarian Tluk Kualo, Kecamata Airpura bisa menjadi mesin penggerak pengembangan ekonomi nagari, petani dan masyarakat sekitar. 

“Kita berharap, Dana Nagari agar bersinergi dengan Pemerintah dalam pemulihan ekonomi nagari,” sampai Rusma Yul Anwar.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan ( TPHP), Pesisir Selatan Nuzirwan N Chaniago menyampaikan jika luas lahan tanam bawang merah di kawasan Air Pura Mandiri  Hortikultura mencapai 0,5 Ha, dengan total tanam bawang merah di Pessel 2021 sekitar 100 batang. 

Ia menyebutkan, bibit bawang merah melalui demplot percontohan tanaman Holtikultura di Kenagarian Tluk Kualo, Kecamata Airpura bersumber dari Dana Desa ( DD). Agar kedepan pengembangan bawang merah di Pessel lebih berkembang Pemkab Pessel melalui Dinas nya akan melakukan pendampingan melalui petugas di bawah dan monitoring berkala kita.

“Potensi cukup bagus, namun secara keseluruhan produk kita belum bisa memenuhi kebutuhan lokal. Ini akan terus Kita genjot,” sampai Nuzirwan. 

Kita berharap luasan pengembangan bertambah, produksi meningkat, walaupun saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid -19 tidak menjadi pengembangan bawang merah di Pessel ikut terpengaruh. 

Dan seiring harapan Bupati Pesisir Selatan, Nuzirwan mengingatkan kembali agar Dana Nagari bisa disenergikan dengan Pemerintah dalam pemulihan ekonomi nagari, tekuk nya. R