Kapasitas Ketua KONI Sumbar Diragukan, Komisi V DPRD Sumbar Kecewa Patriot Olaharaga Tuah Sakato bak Lepas Ayam

543

JURNAL SUMBAR | Padang – Munculnya berbagai persoalan, baik dari persiapan hingga pemberangkatan patriot olahraga Sumatera Barat pada PON XX Papua, menjadi sorotan anggota Komisi V DPRD Sumbar, Maigus Nasir. Tak pelak, pengurus KONI Sumbar akan segera diminta hearing untuk mempertanggungjawabkan kinerja induk organisasi olahraga yang dipimpin Agus Suardi.

“Usai PON nanti Ketua KONI segera dipanggil guna mempertanggungjawabkan hasil yang diraih di bumi Cendrawasi,”ujar Maigus Nasir kepada media ini, Selasa (28/9/2021).

Politisi senior di DPRD Sumbar itu prihatin dan kecewa terhadap kinerja pengurus KONI yang dipimpin Agus Suardi. Mulai tidak adanya kostum kontingen sampai uang saku dicicil serta atlet dilepas bagaikan ayam. Ini jadi catatan hitam DPRD Sumbar untuk memanggil induk olahraga ranah Minang.

“Kita akan evaluasi pengurus KONI Sumbar nanti, bagaimana sampai atlet tidak mendapatkan kostum dan uang saku. Padahal, DPRD sudah menyetujui dana APBD sebesar Rp 20 M,” ujar Maigus, Sabtu (25/9/21).

Anehnya, para ketua Pengprov yang dulunya vokal bersorak-sorak tampak diam dan menikmati penderitaan atlet. Untunglah, ada anggota DPRD Sumbar, Maigus Nasir yang tetap vokal mengkritisi kinerja KONI.

“Padahal, evaluasi terakhir bersama Komisi V DPRD Sumbar, soal dana tidak ada masalah. Saya heran juga kenapa menjelang menuju Papua kostum dan uang saku atlet tidak diberikan,” ucapnya.

Mantan Ketua DPRD Padang tersebut sekali lagi dibikin kecewa.Terlambatnya pelepasan kontingen secara resmi oleh pemerintah provinsi Sumbar.

”Dampaknya sangat besar kepada atlet. Seandainya Gubernur dan Forkompinda dari awal melepas atlet ke medan laga secara tak langsung menambah motivasi mereka. Jadi hargailah atlet untuk mengharumkan nama daerah di tingkat nasional,” ujarnya.agusmardi