Pelantikan Pengurus DPW Gebu Minang Sumbar, Lagu Minang Lamo Minangkabau Dilantunkan

143

JURNAL SUMBAR | Padang – Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Gebu Minang Provinsi Sumatera Barat, periode 2021-2026 akan dipusatkan di Ballroom Grand Inna Muara Padang, Jumat (17/9/2021).

Dalam kesempatan itu nantinya, Ketua Panitia, Dr Dian Anggreini, S.Sos mengatakan organisasi Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang), yang dipimpinnya Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano, yang baru saja terpilih dari hasil mufakat pengurus DPC Kabupaten dan Kota, Pengurus DPW Demisioner dan utusan Pengurus DPP Gebu Minang ini, selain memperdengarkan lagu Indonesia Raya, undangan yang hadir juga diminta mengikuti sebuah lagu lawas khas Daerah Minang, Minangkabau.

“Lagu daerah Minangkabau Tanah Nan Den Cinto adalah lagu daer yang lahir karena nilai kebudayaan masyarakat Minang, sebenarnya banyak lagu daerah yang mau ditampilkan, namun karena keterbatasan waktu cukup satu saja,” Ujar Dian Angreini, Rabu (15/9).

Lebih lanjunt Dian mengatakan, pelaksanaan pelantikang pengurus DPW Gebu Minang itu dilangsungkan malam hari atau Jumat (17/9) malam dengan rangkaian acara yang diawali dengan tari pasambahan sebagai ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada tamu kehormatan yang sekaligus sebagai sarana hiburan bagi yang hadir.

Harapkan DPW Gebu Minang Lebih Maju

Secara terpisah, Bunda Reffan, salah seorang pengurus DPW Gebu Minang mengharapkan pelantikan Jumat (17/9) malam benar-benar akan menjadi langkah awal organisasi ini yang secara aksi nyata memajukan UMKM di Ranah Minang.

“Sala satu aksi kongritnya, dikatakannya, bisa saja DPW Gebu Minang Sumbar menjadi mitra Pemprov Sumbar dalam memberikan pendampingan bagi pelaku UMKM agar mampu mengakses pembiayaan serta menguatkan kapasitas pelaku usaha pemula.

Selain itu, DPW Gebu Minang juga bisa mendesak Pemprov Sumbar untuk memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk mendukung pemberdayaan dan pengembangan UMKM sesuai yang diprogramkan Kemenkeu RI.agusmardi