Semufakat Pilih Fadli Amran, Chairul Umaiya: Gebu Minang Sumbar Bisa jadi Contoh Pertahankan Tradisi Budaya

224

JURNAL SUMBAR | Padang – Plt Ketua Gebu Minang DPW Sumbar, Chairul Umaiya merasa lega dengan hasil musyawarah mufakat atas terpilihnya Fadli Amran, BBA, Datuak Paduko Malano pada Musyawarah Wiilayah Gebu Minang DPW Sumbar di Padang, Sabtu (11/9/2021).

Dalam musyawarah tersebut terdapat kesepakatan Fadly Amran, yang saat ini menjabat Walikota Padang itu, akan memimpin Gebu Minang Sumbar, periode 2021 – 2026. Sedangkan tenggat waktu penyusunan kepengurusan sesegera mungkin karena agenda pelantikan dan pengukuhan pengurus DPW Gebu Minang periode 2021-2026 direncanakan pada tanggal 17 September mendatang.

“Kami dari DPC Gebu Minang, pengurus DPW demisioner dan utusan DPP Gebu Minang sepakat untuk bermusyawarah. Dengan bermusyawarah ini, kita akan fokus untuk membuat DPW Gebu Minang lebih kuat, Gebu Minang Sumbar bersatu dan bisa maju bersama,” ucap Chairul Umaiya, usai Muswil itu di Grand Zuri Hotel, (11/9).

Menurut Dia, musyawarah dilakukan mengingat masyarakat Minangkabau dikenal sebagai masyarakat yang religius, pekerja keras, menjunjung adat budaya, dan hidup selaras dengan alam. Selain itu juga menerapkan kehidupan aman dan damai.

“Mudah-mudahan Gebu Minang Sumbar dibawah kepemimpinan Fadli Amran nanti bisa sebagai organisasi gerakan ekonomi dan budaya yang merealisasi tradisi masyarakat nan sakato, sependapat, dan semufakat,” ujarnya.

Dikatakan Chairul Umaya, kegiatan ini cukup antusias diikuti oleh pengurus Gebung Minang, baik tingkat wilayah maupun dari kabupaten kota. Terbukti, jumlah yang hadir melebihi dari yang ditargetkan.

“Ketika kami beraudiensi dengan gubernur, beliau sangat mendukung penuh demi suksesnya muswil dan berjalannya roda organisasi minang terbesar ini,” jelas Chairul.

Chairul Umaya juga mengapresiasi Almarhum Buya Boy Lestari atas jasa dan keberhasilannya meletakkan pondasi kepengurusan Gebu Minang dengan baik di Sumbar.

“Di bawah kepemimpinan Almarhum Buya Boy Lestari, kepengurusan Gebu Minang terbentuk di 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Semoga segala amal baik dan jasa almarhum diterima Allah SWT,” ucap Chairul Umaya.

Sebelumnya Plt Ketua Gebu Minang Sumbar, Chairul Umaya mengatakan, Gebu Minang sebelumnya dipimpin oleh Buya H. Boy Leatari Dt. Palindih, telah wafat. Karena itu, sebagai Plt Ketua Gebu Minang yang diamanahkan oleh DPP Gebu Minang sejak 6 Juni 2021, dirinya bertekad untuk segera mencari penggantinya.

“Sebagai Plt saya tidak mau berlama-lama dan berjanji pada DPP untuk secepatnya menggelar muswil guna mencari Ketua Umum Gebu Minang Sumbar yang baru. Alhamdulillah hari imi terlaksana,” ungkap Chairul Umaya.

Hadir dalam Muswil, Gubernur Sumbar diwakili Asisten Ekbang Benny Warlis, Waketum DPP Gebu Minang Irjen (Pol) Marwan Paris, Mantan Wakil Walikota Solok Rainer, Mantan Walikota Padang Fauzi Bahar, Mantan Bupati 50 Kota Irfendi Arbi dan sejumlah tokoh lainnya.agusmardi