Meski Pandemi, 20 Wanita Tangguh di Talago Gunung Itu Ikuti Pelatihan, Ini Harapan Ketua Tim PKK Kota Sawahlunto

304

 

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Tak ingin ekonominya tersendera oleh Covid-19, sebanyak 20 wanita tangguh asal Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Ikuti Pelatihan Sulaman Renda Proram Peningkatan Kualitas Perempuan (PKH-P) .

Salut dan patut diapresiasi Kelompok Perempuan Pengrajin Sulaman Rendo Desa Talago Gunung pimpinan Kepala Desa Ismed Ulya Sutan Pamenan, SP itu. Betapa tidak, ditengah situasi pandemi, sebagian orang cukup berdiam dirumah karena takut dengan Covid-19.

Namun lain halnya dengan wanita-wanita tangguh yang ada di Desa Talago Gunung itu. Dengan penuh semangat dan berjiwa bisnis, mereka tetap berkarya melakukan pekerjaan menyulam.

Bahkan Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny.dr Meyvita Deri Asta,MPH, pun tertarik dengan kegiatan Kelompok Perempuan Pengrajin Sulaman Rendo Desa Talago Gunung tersebut.

Setidaknya, pada Minggu (12/9/2021), Kelompok Perempuan Pengrajin Sulaman Rendo Desa Talago Gunung itu Ikuti Pelatihan. Kegiatan itu sendiri dibuka secara resmi oleh Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny.dr Meyvita Deri Asta,MPH, yang berlangsung di aula kantor desa setempat.

Menurut laporan panitia, kegiatan tersebut berlangsung selama lima hari (Minggu-Jumat, 12-16/9/2021) mendatang. Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny.dr Meyvita Deri Asta,MPH, yang juga berdara asli Padangsibusuk-Sijunjung itu, berharap agar usaha yang dikelola wanita-wanita tangguh Desa Talago Gunung kian berkembang dan maju sehingga bisa disandingkan dengan usaha kerajinan Silungkang.

Camat Barangin, Subandi, SH, sangat mengapresiasi kegiatan yang dikelola wanita-wanita tangguh di Desa Talago Gunung. Mantan Ketua PWI Kota Sawahlunto yang juga Wartawan Harian Singgalang itu juga berterimakasih atas pembinaan yang dilakukan Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny.dr Meyvita Deri Asta,MPH, dan Ketua TP PKK Kecamatan Barangin Ida Subandi.

Begitu juga Kepala Desa Talago Gunung, Ismed Ulya Sutan Pamenan, SP didampingi Bendahara PKK, Darma Yuhelmi kepada Jurnalsumbar.Com juga menyampaikan perkembangan usaha yang ada di Desa Talago Gunung.

Untuk diketahui, desa yang berpenduduk 1.790 jiwa dengan kepala keluarga (KK) 556 jiwa itu pernah meraih juara tiga nasional dalam lomba PKK bidang kebersihan lingkungan pada tahun 2016.

Kini, desa dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 1.507 yang dipimpin Ismed Ulya Sutan Pamenan, SP, itu kian berbenah diri . Bahkan Desa Talago Gunung menyatakan siap mengikuti lomba UP2K (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga) pada tahun 2022 mendatang. Anda penasaran..? Yuuk..datang ke Desa Talago Gunung sambil berwisata alam.ius