Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar Bersama Kapolda Irjen Pol. Teddy Minahasa, Tinjau Vaksinasi Massal di Tarusan

554

JURNAL SUMBAR | Painan – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, menghadiri vaksinasi massal yang diselenggarakan Polres Pesisir Selatan, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Carocok Tarusan, Sabtu (2/10/2021).

Vaksinasi massal tersebut juga dihadiri Kapolda Sumbar Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Teddy Minahasa Putra, serta sejumlah pejabat Mapolda Sumbar, Dandim 0311 Pesisir Selatan, Letkol Inf. Gamma Arthadila Sakti, Kapolres, AKBP Sri Wibowo, SIK, Kepala Kejaksaan, Donna Rumiris Sitorus.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, mengemukakan, pihaknya kini terus memacu pencapaian target vaksinasi dengan mengeluarkan berbagai kebijakan, diantaranya mewajibkan pelajar SLTP dan SLTA mengikuti vaksinasi sebagai syarat untuk membuka pembelajaran tatap muka (PTM) secara normal, kemudian mewajibkan seluruh ASN, tenaga honorer, perangkat nagari dan Bamus nagari melaksanakan vaksinasi.

Selain itu, penerima manfaat bantuan sosial seperti PKH, sembako dan bantuan langsung tunai wajib vaksinasi.

“Bagi mereka yang belum vaksinasi bantuan sosialnya dapat ditunda untuk sementara waktu” katanya.

Lebih lanjut disebutkan masih rendahnya kesadaran masyarakat akan penting vaksinasi dan kondisi geografis yang memanjang juga menjadi kendala dalam percepatan pencapaian target vaksinasi.

“Meskipun demilian kita tetap optimis target vaksinasi dapat dicapai,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol. Teddy Minahasa Putra, mengingatkan, pemerintah dan seluruh pihak agar lebih proaktif melakukan sosialisasi dan memobilitasi massa untuk ikut vaksinasi.

“Saat ini masyarakat yang diberi sosialisasi dan didorong untuk ikut vaksinasi baru mereka yang tinggal diperkotaan, sementara masyarakat desa dan yang berada dipinggiran masih terbaikan,” kata Kapolda Teddy Minahasa.

Guna mendorong adanya pemerataan sasaran vaksinasi, kata Kapolda pihaknya mewajibkan setiap Polsek untuk menggelar vaksinasi di kecamatan.

“Mulai minggu depan Polsek harus menggelar vaksinasi,” sebutnya.

Diharapkan hal ini juga diikuti oleh Koramil dan pemerintah kecamatan, sehingga semua saling membahu.

Lebih lanjut Kapolda mengajak semua pihak untuk bergotong royong melawan covid 19 dengan mensukseskan vaksinasi bagi seluruh masyarakat.

“Mari kita bersatu padu dan hilangkan ego sektoral, bersama melawan covid 19 dengan mensukseskan vaksinasi,” katanya.

Sebagaimana diketahui vaksinasi massal digelar Polres Pesisir Selatan, pada dua titik, yaitu, TPI Carocok Tarusan, dengan targer 1000 orang dan di Carocok Painan, 500 orang.R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here