Ciptakan SDM Andal di Kota Pariaman, Syahrial Bakhtiar Kenalkan FMS kepada 80 Guru Sekolah

864

JURNAL SUMBAR | Pariaman – Untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang andal di masa depan, dosen pendidikan olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP) selalu informasikan pentingnya guru dan praktisi olahraga menguasai Fundamental Motor Skill (FMS) yang dikenal dengan gerak dasar.

FMS yang akan memberikan manfaat untuk anak-anak, karena sebagai peserta didik mereka perlu dikembangkan potensinya, tidak hanya intelektualnya saja, tapi juga sikap, moral dan motoriknya, pengenalan FMS setelah dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Dosen FIK UNP, Prof Dr Syahrial Bakhtiar, MPd yang juga Ketua Umum DPP ISORI (Ikatan Sarjana Olahraga Republik Indonesia), Selasa (19/10/2021) di Aula Balaikota Padang Pariaman.

Kegiatan PKM yang diselenggaran oleh Guru Besar FIK UNP itu, memiliki tema “Pentingnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam memiliki keterampilan Gerak Dasar” diikuti sekitar 80 orang guru yang terdiri dari Guru PAUD, SD dan SMP se Kota Pariaman.

“Pada masa anak–anak hendaknya pola gerak dasar sudah dapat dikuasai, dengan demikian belajar keterampilan pola gerak dasar pada masa ini perlu diperhatikan. Jika anak sudah memguasai gerak dasar yang baik barulah bisa dilakukan deteksi dan identifikasi bakat anak,” kata Syahrial Bakhtiar, ilmuan olahraga berkelas internasional ini.

Dia menambahkan bahwa adanya PKM dirinya di Kota Tabuik itu diapresiasi oleh Walikota Padang pariaman Dr. Genius Umar, MSi, dengan memfasilitasi kegiatan dan dukungan dari dinas terkait, dalam hal ini dengan Dinas Pendidikan Kota Pariaman. Bahkan saat pembukaan kegiatan dibuka langsuang oleh Kepala Disdik Drs. Kanderi, MPd, dan Kabid Olahraga Drs. Suhaimi dan Kabid Pendidikan Dasar.

Dijelasknya, melalui kegiatan PKM itu, pihaknya juga menghadirkan instruktur Gerak Dasar Yayasan Sekora diantaranya Oktarifaldi, MPd, Heru Afrian, MPd dan M. Rizky Mezra, MPd yang membantu dalam penyampaian materi gerak hingga mengevaluasi.
“Karena rendahnya kemampuan keterampilan gerak dasar siswa sekolah dasar di kota yang dipimpin Pak Wali Genius Umar ini, saya dan tim Yasekora juga siap dan bersedia melakukan pendampingan dalam memgembamgkan pembelajaran Gerak dasar di Kota pariaman,” terangnya.

Dia menambahkan para Guru PAUD, SD dan SMP di kota itu sangat antusias dalam memgikuti kegiatan. Diharapkan setelah kegiatan ini, peserta memiliki keterampilan dalam mengevaluasi gerak hingga merancang pembelajaran gerak dasar.

Selain itu, Syahrial Bakhtiar, yang mantan Dekan FIK UNP dua periode ini juga memaparkan FMS merupakan dasar untuk mempelajari dan mengembangkan berbagai keterampilan teknik dalam berolahraga dan aktivitas fisik seumur hidup.

“jika kompetensi FMS anak tidak dikembangkan, mereka tidak berhasil menggunakan berbagai keterampilan olahraga dan permainan pada usia kanak-kanak dan remaja mereka” tutupnya.agusmardi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here