Dibuka Bupati, MTQ Tingkat Nagari Sijunjung Digelar

363

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP. M.Si membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)Tingkat Nagari Sijunjung di Lapangan Pembantaian Adat Nagari Sijunjung pada Jum’at 8 Oktober 2021.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gong oleh bupati, hadir Kepala Kemenag Sijunjung, Aprizal, M.Pd, Kabag Kesra Setdakab, Admiriska, Plt. Camat Sijunjung, Bobby Roespandi, AP.M.Si beserta Forkopincam, Walinagari Sijunjung, Rajilis dan undangan lainnya.

Eri setiawan selaku ketua pelaksana MTQ menyebutkan, Dalam menghadapi zaman globalisasi sekarang ini yang mengalami krisis berkepanjangan umumnya di Sumatera Barat dan khususnya di Kabupaten Sijunjung, masih banyak generasi muda yang tidak memahami isi kandungan Al-Qur’an disebabkan tidak adanya minat dan baca, baik baca Al-Qur’an maupun seni baca Al-Qur’an.

“Oleh karena itu untuk menumbuhkan minat dan pemahaman seni algur’an, maka diadakan semacam lomba MTQ tingkat kenagarian Sijunjung untuk memotivasi generasi muda guna mempersiapkan diri pada lomba ketingkat yang lebih tinggi, baik kecamatan, kabupaten maupun propinsi,”ujar Eri

MTQ tingkat Nagari Sijunjung ini lanjut Eri dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 8 sampai dengan 12 Oktober 2021 yang diikuti oleh kafilah dari 10 jorong yang ada di Nagari Sijunjung, setiap jorong mengutus 25 orang peserta.

Saat Bupati Benny memberi sambutan dalam acara pembukaan MTQ Nagari Sijunjung

“Cabang yang akan dilombakan diantaranya, Tilawah Qur’an mulai dari anak anak sampai tingkat lansia, Tartil Qur’an mulai dari tingkat dasar sampai umum, Kutbah Jum’at, dan MSQ,”tambah Eri.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa dalam sambutannya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada panitia pelaksana atas telah melaksanakan kegiatan MTQ ini.

“Kita telah lama tidak mengadakan kegiatan karena pandemi covid 19, dengan telah menurunnya covid saat ini kita bisa melakukan kegiatan kembali. Kegiatan positif yang kita laksanakan ini semoga dilancarkan oleh allah hendaknya dan kita berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menambah ke imanan dan ketakwaan kita terhadap tuhan yang maha esa. Tapi dalam pelaksanaannya kami harap tetap mematuhi aturan protokol kesehatan, karena covid ini belum sepenuh nya hilang,”harap Bupati Benny.

Dengan adanya kegiatan MTQ ini lanjut bupati, diharapkan bisa menjadi evaluasi bagi kita untuk nenumbuhkan minat dan pemahaman tentang seni baca algur’an.

“Semoga kegiatan MTQ ini nantinya akan melahirkan khafilah – kafilah baru yang bisa membanggakan keluarga dan daerah nya, bisa nanti lahir kafilah yang sukses baik ditingkat kabupaten, provinsi maupun ke tingkat nasional nanti hendaknya,”harap Bupati Benny Dwifa.andri