Hubungkan Tiga Nagari, Jembatan Lubuk Duku Lalan Itu Diresmikan Bupati Sijunjung

495

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Harapan warga Lubuk Duku, Jorong Rumbai, Nagari Lalan, Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, terhadap infrastruktur jembatan gantung kesampaian juga.

Hal itu ditandai dengan telah diresmikan jembatan gantung Lubuk Duku itu pada Jumat (15/10/2021) oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir bersama dengan Wabup Iraddatillah.

Pada peresmian itu, bupati dan wabup juga didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung, Ny.Riri Benny Dwifa dan Ketua GOW Kabupaten Sijunjung, Ny. Dona Iraddatillah. Selain sejumlah pejabat terkait, Kapolsek Lubuktarok, Anggota Kodim, Walinagari Lalan, Martonis, perangkat walinagari, pihak kecamatan beserta tokoh masyarakat dan ninik mamak juga hadir dalam peresmian jembatan gantung itu.

Walinagri Lalan, Martonis, menyebutkan, pembangunan jembatan gantung tersebut bersumber dari anggaran dana desa (ADD) dengan pagu dana sebesar Rp328 juta ditambah dengan swadaya masyarakat.

 

“Tanpa swadaya masyarakat tak mungkin jembatan ini terbangun. Total anggaran termasuk swadaya masyarakat mencapai Rp400 juta lebih,”ucap Walinagari.

Menurut walinagari, jembatan gantung tersebut merupakan uratnadi perekonomian masyarakat di tiga nagari. Diantaranya Nagari Lalan, Lubuktarok dan Nagari Sijunjung. “Dulu, masyarakat melakukan aktivitas roda perekonomian menyeberangi Sungai Lubuk Duku, in sha Alloh, sejak adanya jembatan gantung masyarakat tak lagi menyeberangi sungai yang cukup deras,”tutur Martonis.

Bupati maupun Wabup Sijunjung, sangat terharu dengan harapan masyarakat terhadap jembatan gantung itu. “Kini masyarakat sudah mulai berlega karena sudah ada jembatan gantung yang bisa dilalui dan tak harus menyeberangi sungai lagi,”kata bupati.

Sebelum peresmian jembatan, bupati dan rombongan disuguhi makan bajambah “kapalo kambiang” dengan nasi berbungkus daun pisang. Paratamu yang hadir terlihat dengan nikmat mencicip hidangan sudah tersedia oleh pihak sijambah “nagari”.

Usai makan, bupati dan rombongan juga menyaksikan tarian pasambahan dari murid-murid SDN Lalan dan olah musik kreasi juga dipersembahkan pemuda setempat.

Disaksikan ratusan warga Nagari Lalan dan Lubuktorok, bupati dan wabup pun secara resmi membunyikan serine membuka papan merek dan didahului penandatangan prasasti. Setelah itu bupati dan wabup bersama istri didampingi Kadis PMN Khamsiardi, Walinagari Martonis, dan Camat Lubuktarok menjajal melintasi jembatan gantung Lubuk Duku itu.

Untuk diketahui, bupati dan Wabup juga didampingi Ketua BasNaz Sijunjung, Hidayatullah, Kadis PMN Khamsiardi, Kepala Bapppeda, Kadis Kominfo Rizal Efendi, Kepala BPBD Hendri Chaniago, Kepala Kesbangpol Linmas, David , Kabag Kesra, Kabag Prorokol, dan sejumlah pejabat lainnya juga ikut dalam peresmian jembatan gantung itu. ius