Laporan Sudirman Saleh dari Bengkulu; Lahan TWA Gajah sudah Beralih Fungsi ke Kebun Kelapa Sawit, Ini Penyebabnya

391

Laporan Sudirman Saleh dari Bengkulu

JURNAL SUMBAR | Bengkulu – Sejak beberapa minggu terakhir ini sejumlah kelompok oknum LSM heboh. Bahkan pemberitaan penilaian Amdal Pertambangan Batubara PT. Inmas Abadi di Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu diduga menjadi sorotan oleh oknum sekelompok orang.

Informasi itu pun diduga telah merugikan puhak manajemen perusahaan PT. Inmas Abadi. Berikut simak Laporan Sudirman Saleh dari Jurnalsumbar.Com.

Hal itu, terkait pemberitaan penolakan Penyusunan Dokumen Amdal Pertambangan batubara PT. Inmas Abadi di Kecamatan Putri Hijau, oleh beberapa orang yang membawa nama kelompok LSM.

Diduga telah terjadi pembenturkan lahan IUP OP PT. Inmas Abadi yang dikeluarkan oleh Gubernur Bengkulu tahun 2011, dg nomor ; w.421.XXV dan IUP OP tahun 2017 dg nomor ; 1.315.DESDM.

“Diinfokan LSM merugikan : masyarakat terdampak dan mengganggu TWA Gajah Seblat. Pada saat team Amdal PT. Inmas Abadi mengambil sampel, air, tanah di lapangan dan didampingi Korespondensi Jurnal Sumbar, terlihat Lahan TWA Gajah sudah beralih fungsi ke Kebun Kelapa Sawit, dan tidak ada lagi berhutan sesuai ciutan lsm tersebut,”jelas Sudirman Saleh dalam laporan dan investigasinya.

“Dengan dilakukan penambangan batubara, peningkatan pendapat masyarakat sekitar proyek pasti meningkat, adanya penggantian lahan masyarakat, bisa bekerja sebagai pekerja harian, peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) mulai dari desa terdampak sampai Kecamatan, Kabupaten Bengkulu Utara dan Provinsi Bengkulu,”paparnya.

Setelah dilakukan konfirmasi kepada PT. Inmas Abadi, direkturnya Jauhari mengatakan, bahwa kegiatan Tambang hanya dilakukan diluar kawasan TWA, study Amdal dilakukan diluar TWA Gajah.

Wilayah kegiatan penambngan batubara tentu mengikuti Peraturan Pemerintah No. 22 tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Tidak diganggu wilayah yang bersentuhan dg lokasi TWA Gajah.

 

Makanya dilakukan study Amdal terlebih dahulu oleh Konsultan Amdal, sebagai pedoman kerja berwawasan Lingkungan. Fokus perusahaan konsultan yang ditunjuk untuk melakukan study Lingkungan Amdal, agar lingkungan hidup disekitar proyek penambangan batubara tidak terganggu. Keuntungan lainnya bagi masyarakat : adanya kompensasi pendapatan dan kesehatan bagi msyarakat terdampak melalui dana CSR Perusahaan. sudirman saleh/*