Nitizen Kecewa, Sinyal Telkomsel di Kota Sawahlunto Dead, Amin.P; Serasa Zaman Katumba

345

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Sejumlah nitizen pengguna telepon selular di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, kecawa.

Kekecewaan itu disebabkan sejak pukul 08.30 WIB jaringan dan sinyal Telkomsel di Kota Arang itu is dead (mati total).

“Serasa zaman katumba, kita tidak bisa apa-apa. Jangankan untuk bekerja untuk melalukan komunikasi saja kita tak bisa,”kata Amin Pratikno salahseorang Jurnalis di Kota Arang itu kepada Jurnalsumbar.Com, Jumat (8/10/2021).

Disebutkan amin, hal serupa juga pernah terjadi. “Dulu juga pernah mati total hingga sepekan lamanya. Kini hal serupa bakalkah terulang lagi. Sebab, hingga kini (pukul; 11.04 WIB-red) sinyal jaringan Telkomsel masih is dead,”keluh Pemimpin Redaksi Warta Andalas itu pènuh kecewa.

Tak hanya amin, kekecewaan juga dirasakan, Suyanto, Kabid Trantibum Satpol PP, Kota Sawahlunto. “Serasa zaman bahulak sajo, jaleh pulo indak bahape (HP) indak lo masalah,”kata Suyanto yang kerap disapa Wak Dimo itu.

Lantaran sinyal Telkomsel menghilang, untuk segala urusan Wak Dimo harus mendatangi tempat yang diurusnya.

“Biasanya kita cukup berkomunikasi via handphone, namun sejak is deadnya jaringan Telkomsel kita tak bisa apa-apa. Padahal kita ingin menyaksikan anak didik kita brrtanding di PON XX Papua secara langsung melalui link. Tapi karena sinyal Telkomsel mati, yaa..kita tak bisa menyaksikannya,”keluh Wak Dimo yang akrab dengan para Jurnalis di Kota Arang itu.

Lain pula kata salahseorang nitizen dari Kota Sawahlunto. “Kalau mau beli HP belilah HP yang pakai sinyal,” kelakar salahseorang ketua RW kepada warganya sambil ketawa-ketiwi saat berada disalahsatu warkop di Kota Sawahlunto.

Sejauh ini, apa penyebab matinya jaringan Telkomsel itu belum diketahui. Namun, rumor yang berkembang ada kerusakan jaringan kabel bawah tanah. Benarkah..? Antahlah, karena belum ada pihak yang berkompeten untuk menjawabnya.i

Namun sekitar pukul 11.22 WIB sinyal Telkomsel itu hidup kembali. ius