Berkembang Pesat, Rumah Sakit Umum BKM Pesisir Selatan Menuju Type C

177

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Rumah Sakit Umum (RSU) Bhakti Kesehatan Masyarakat (BKM) di Sago, Kabupaten Pesisir Selatan berkembang pesat. Rumah sakit ini kembali mendapat penghargaan dari BPJS Kesehatan, yaitu sebagai rumah sakit paling berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN-KIS tahun 2021 sebagai rumahn sakit type D tingkat kedeputian wilayah Sumbagteng Jambi.

“Alhamdulillah. Itu adalah buah dari kerja keras dan kerja cerdas jajaran manajemen dan seluruh karyawan,” sebut Mawardi, Owner RSU BKM kepada Jurnalsumbar.com baru-baru ini di kantornya. “Kami terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pasien dan keluarganya,” tambah mantan pejabat RSUP M Djamil Padang itu.

Piagam penghargaan dari BPJS Kesehatan.

Dikatakan Mawardi, RSU BKM kini disiapkan menjadi rumah sakit type C. “Kini sedang siapkan penambahan ruang rawat inap sebanyak 36 tempat tidur untuk kelas 2, kelas 1 dan VIP,” jelasnya sembari mengatakan, kalau ini siap, statusnya bisa ditingkatkan menjadi rumah sakit type C.

Ditambahkan Mawardi, pengembangan rumah sakit ini akan terus dilakukan dengan melanjutkan pembangun lantai 2 dan 3, dan lantai atap bangunan yang ada, sekaligus akan difungsikan sebagai selter evakuasi tsunami. “Bisa muat 1.000 orang,” jelas Sumando Rang Kambang itu.

Lebih jauh dijelaskan, rumah sakit yang berdiri tahun 2010 itu, kini memiliki 73 tempat tidur. Pelayanan yang ada adalah, 11 jenis spesialisasi dan 1 UGD, serta ada 2 tempat tidur ICU. Selain itu, juga ada pelayanan pasien Covid Penyakit Dalam dan Paru 8 tempat tidur, dan Kebidanan 4 tempat tidur. Juga ada rawat inap Jiwa 4 tempat tidur.

“Operasional rumah sakit ini didukung dengan 185 orang karyawan, di luar dokter spesialis, dan semuanya sudah kita ikutkan program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan,” ujar Mawardi. “Selain pelayanan terbaik, kami juga komit menyediakan obat dan alat kesehatan penunjang yang cukup,” tambahnya mengakhiri.

Seperti diketahui, rumah sakit tipe C yang biasa disebut fasilitas kesehatan tingkat dua, menyediakan pelayanan kesehatan dari kedokteran sub-spesialis. Rumah sakit tipe C menyediakan layanan sub-spesialis untuk kesehatan anak, kebidanan, penyakit dalam, kebidanan & kandungan, serta bedah. Rumah sakit tipe C menjadi rujukan dari faskes tingkat 1, yaitu dari puskesmas, dokter pribadi, atau poliklinik. (Enye)