Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, Dikukuhkan Jadi Ketua Mabicab dan Wabup Rudi Hariyansyah, Ketua Kwarcab Pramuka Pessel

148

JURNAL SUMBAR | Painan – Ketua Harian Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Yulius, melantik dan mengukuhkan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar sebagai Ketua Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwartir Cabang (Kwarcab) 0301 Gerakan Pramuka Kabupaten Pesisir Selatan, masa bakti 2021-2026, di gedung Painan Convention Centre, Kamis (4/11/2021).

Pada hari yang sama Ketua Mabicab, 0301 Gerakan Pramuka Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, melantik dan mengukuhkan Wakil Bupati, Apt. Rudi Hariyansyah,S.Si, sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pesisir Selatan, serta pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwarcab setempat.

Selanjutnya, Ketua Kwarcab Rudi Hariyansyah, melantik pengganti antar waktu pengurus Dewan Kerja Cabang, Gerakan Pramuka Pesisir Selatan.

Bupati Rusma Yul Anwar, selaku Ketua Mabicab dalam sambutannya mengatakan, saat ini tantangan pembinaan generasi muda sangat berat. Lahirnya pramuka dengan tujuan untuk bisa menumbuhkan generasi muda yang berakhlak dan bertakwa serta bermoral, diharapkan menjadi solusi.

Untuk itu Ketua Kwarcab melahirkan kegiatan yang positif sebagai wadah pembinaan karakter generasi muda yang beraklak, disiplin dan kepedulian lingkungan

Dikatakan, keberadaan pramuka tidak hanya sebagai amanah di atas kertas tapi harus mampu diimplementasikan sebagai wadah pembinaan generasi muda Pesisir Selatan.

Bupati mengharapkan gerakan Pramuka dapat menjadi pelopor dalam membangun generasi yang berkarakter.

“Sebagai organisasi kepanduan Pramuka dituntut jadi pelopor pembinaan karakter bagi generasi muda Pesisir Selatan ke depan, ” katanya.

Lebih lanjut bupati menegaskan guna mendukung aktifitas organisasi gerakan Pramukan Pemkab Pesisir Selatan, akan meminjamkan gedung untuk kantor Kwarcab Pramuka.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah mengatakan, pihaknya siap menjalankan amanah dan tanggungjawab lima tahun ke depan.

“Ke depan harus ada perubahan generasi muda yakni terbentuknya generasi muda yang karakter,” kata Rudi.

Untuk itu pengurus bersinergi menjalankan amanah dan bersinergi dengan pemerintah dan perangkat daerah.

Di bagian lain, Ketua Harian Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Yulius mengatakan, dilantiknya Ketua Mabicab dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pesisir Selatan akan menimbulkan gairah kegiatan gerakan pramuka dan regenerasi kepengurusan pramuka.

“Kita berharap di tangan pemimpin ini bisa membawa perubahan dan kemajuan gerakan Pramuka di Kabupaten Pesisir Selatan ke depan. Kita juga meminta agar pengurus Mabicab dan Kwarcab saling bersinergi,” ajaknya.R/*