Prof Ardipal Dorong Regenerasi Penyanyi Lagu Gamad

177

JURNAL SUMBAR | Padang – Sebagai salah satu langkah untuk pelestarian Musik Gamad di Sumatera Barat, akademisi musik Universitas Negeri Padang (UNP), Prof Ardipal telah menjadi juri pada “Lomba Penyanyi Lagu Gamad Tagak Baduo”, yang berakhir Jumat (12/11/2021) malam dini haridi Lapangan Parkir Selatan Stadion H Agus Salim Padang.

Sesuai tugas yang diberikan Hikasmi (Himpunan Kekeluargaan Seniman Musik Indonesia) Sumatera Barat yang dipimpin oleh Herius Nasir, Ardipal mendorong regenerasi seniman musik agar Musik Gamad menjadi dikenal dan disenangi.

Guna mewujudkan, Ardipal mulai dari hari Rabu hingga Jumat (10-13/11) melaksanakan tugasnya sebagai juri dengan baik. Salah satunya yang ia dapati pada malam final sebuah sertifikat dari panitia pelaksana, Hikasmi Sumbar.

Dalam kesempatan itu, Ardipal yang sehari-harinya guru besar eks IKIP Padang itu bekerjasama dengan dua juri lainnya. Pada malam babak final, Jumat (13/11) malam itu, Ardipal benar-benar menikmati lantunan lagu-lagu gamad, seperti lagu gamad dengan lagu wajibnya Perak-perak, Siti Padang dan berbagai lagu pilihan lainnya seperti, Rosmani, Lancer, Anak Kala dan Amat Gila.

Setelah babak final selesai yang menampil 10 peserta berpasangan, para juri bersidang menetapkan pemenang dan pemuncak dalam lomba itu. Ardipal mengakhiri tugasnya sebagai juri dengan menerima sertifikat yang diserahkan langsung Ketua Hikasmi Sumbar Herius Nasir.agusmardi