Hampir 10 Tahun Menanti, Nagari Padanglaweh Selatan Diresmikan Bupati Sijunjung

624

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sejak pagi , (Kamis, 2/12/2021-red) ratusan warga Nagari Padanglaweh Selatan, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat sudah sibuk mempersiapkan perhelatan.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir sampaikan amanahnya saat peresmian Nagari Padanglaweh Selatan

Dibangunan kantor Walinagari itu, warga sudah terlihat berjejer seakan ada yang mereka nanti. Sekitar pukul 10.10 WIB, serombongan tamu itu pun tiba dilokasi.

Ternyata tamu istimewa itu, rombongan Bupati dan Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir-Iradatillah didampingi Kadis PMN Sijunjung, Khamsiardi yang lebih dulu tiba saat itu.

Kedatangan orang nomor wahid di Ranah Lansek Manih itu bertujuan untuk peresmian Nagari Padanglaweh Selatan sebagai Nagari Defenitif.

Disela kegiatan, bupati dan wabup terlihat serius berdidkusi, apa soal mutasi..? Entahlah, hanya mereka yang tahu..

Selain kapolres, ketua KPUD Sijunjung dan ketua Bawaslu Sijunjung, juga hadir begitu juga sejumlah pejabat Pemkab Sijunjung dan unsur forkopimda juga terlihat menyaksikan proses prosesi peresmian Nagari Padanglaweh yang ditandai penandatangan prasasti dan pelantikan pejabat walinagari setempat.

Kadis PMN Sijunjung sampaikan laporan kegiatan

Kegiatan diawali laporan Pj Walinagari yang lama (Syamsuir) dan laporan Kadis PMN Sijunjung, Khamsiardi. Bahwa, sudah empat Pj walinagari memimpin nagari pemekaran itu dan kini Nagari Padanglaweh Selatan itu sudah resmi sejajar dengan nagari (desa-red) lain di Indonesia.

Bupat dan Wabup foto bersama dengan forkompinda dan ketua KPU dan Ketua Bawaslu serta Kadis PMN dan camat

“Selamat, perjuangan belum berakhir, masih banyak yang harus kita laksanakan. Terutama dalam membangunan saranaprasarana kantor nagari,”kata Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dalam hantaran sambutannya pada peresmian Nagari Padanglaweh Selatan itu.

Berbagai hal disampaikan bupati saat itu, menurut dia, selain perjuangan gigih dari Kadis PMN Khamsiardi, dan Walbardi (mantan anggota DPRD Sijunjung) juga ada handil dari anggota DPR RI Guspardi Gaus. “Mertua kita juga punya handil dalam mewujudkan Nagari Padanglaweh sebagai Nagari defenitif,”kata bupati Benny Dwifa Yuswir dihadapan warga yang hadir.

Menurut Yos Jodi dan warga lainnya, pembangunan kantor walinagari berstruktur bagonjong itu bersumber dari anggaran APBD Sijunjung kisaran Rp50 juta.

Bupati dan rombongan disuguhi sirihcirano saat tiba di Padanglaweh Selatan

“Total anggaran pembangunan kantor ini sudah mencapai Rp100 juta, diantarannya sumbangan warga dari rumah ka rumah kisaran Rp50 juta dan dari APBD Sijunjung Rp50 juta. Ya, inilah kondisinya belum terdinding,”ucap Yos Jodi.

Bupati Sijunjung lantik pejabat Walinagari Padanglaweh Selatan

Prosesi peresmian Nagari Padanglaweh Selatan dan pelantikan Pj Walinagari itu juga ditandai makan bajambah yang telah disiapkan warga. Selamat buat Nagari Padanglaweh Selatan.ius