PKPS Sumbar Respon Banjir Pessel dengan Buka Donasi Nasi Bungkus

429

JURNAL SUMBAR | Padang – Ketua DPW PKPS Sumatera Brata H Budi Syukur merespon bencana banjir yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan dengan reaktiv. Peduli banjir Pessel tersebut dilakukan menyusul banjir yang melanda hampir seluruh pelosok kenagarian di bumi Rang Pasisia tersebut.

“Sehubungan dengan musibabah yang melanda dunsanak kito di kampuang saat ini membutuhkan makanan, maka kita menggalang donasi pengadaan nasi bungkus yang mendesak saat ini melalui rekening Bank Mandiri Nomor: 1110003023021,” ujar Budi Syukur kepada media ini, Sabtu (18/12/2021).

Budi Syukur menyebut, sekretaris DPW PKPS Sumbar, Hamdanus telah ditugaskan mengkomfirmasi langsung kepada Dinas Sosial Pessel melalui Kabid Bansos untuk titik lokasi berdirinya mboil dapur umum.

Sementera Camat Lengayang meinginformasikan kondisi banjir di kecamatan tersebut saat ini sudah mulai surut yakni Lubuak Sariak, Koto Lamo, Seberang Pulai, Padang Panjang dan kondisi terparah di Kampuang Koto Lamo kondisi rumah cukup parah dan memprihatinkan.

Sedangkan di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Nagari Binjai dan Nagari Kampuang Tangah serta di Kecamatan Basa Ampek Balai yakni Nagari Tapan, Dusun Baru dan Koto Enau dilanda banjir yang cukup parah.

Akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan Sungai Batang Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan meluap sampai kerumah Masyarakat Nagari Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan terendam banjir. Menurut informasi dari lokasi, banjir menggenangi rumah Masyarakat semenjak pukul 06.00 Wib, Jumat (17/12/21).

Secara umum dilaporkan kondisi jalan provinsi di Bukit Pulai, Kecamatan Batang Kapas, Pessel dilakukan jalan buka tutup karena badan bahu jalan sudah putus.agusmardi