Sarat Pengalaman, Rudi Horizon Paling Pantas Pimpin KONI Kota Solok

224

JURNAL SUMBAR | Solok – Pertarungan calon Ketua KONI Kota Solok periode 2021-2025 makin sengit. Klaim dukungan dan restu dari Kepala Daerah pun dipertontonkan ke hadapan publik.

Seperti diketahui, ada dua nama yang akan bertarung dalam Musyawarah Kota (Musyorkot) KONI Solok yang akan berlangsung pada Senin, 13 Desember 2021. Mereka adalah Rudi Horizon dan Orie Yulindo. Keduanya sama-sama lahir dan besar di Kota Solok.

Nama Rudi Horizon yang kerap disapa Rudi Cader itu, tak asing di panggung dunia olahraga. Setidaknya, sudah 27 tahun lebih lamanya Rudi mewafkahkan hidup di olahraga. Sepak terjang dan prestasinya sudah tak terbantahkan.

Tak hanya sebagai atlet Kempo berprestasi di tingkat Provinsi hingga nasional, tangan dingin Rudi juga telah mencetak banyak atlet Kempo berprestasi hingga ke tingkat Internasional. Bahkan, sejak kurang dari satu dekade terakhir, Rudi dipercaya memimpin KONI Kabupaten Solok selama dua periode.

Periode pertama 2016-2020, Rudi berhasil mengantarkan Kabupaten Solok melesat dari peringkat 7 se Sumbar ke peringkat 4 pada Porprov 2018 lalu. Sebelumnya, di tengah keterbatasan anggaran, Rudi tetap mempertahankan rangking 7 untuk Kabupaten Solok pada Porprov 2016 atau awal tahun Rudi memimpin.

Hari ini, Rudi ingin mengabdi di tempat kelahiran dan dimana ia dibesarkan, yakni Kota Solok. Kesungguhannya maju dibuktikan dengan resmi mundur menjadi Ketua KONI Kabupaten Solok.

Kemunduran Rudi sebagai Ketua KONI Kabupaten Solok sempat “digoreng” isu bermasalah. Padahal, semua dilakukan Rudi demi keberlangsungan pembinaan atlet di daerah tersebut.

“Sedikit pun tidak ada masalah. Baik di internal, maupun dengan pemerintah daerah. Ini karena saya ingin mengabdi di tempat saya dilahirkan dan demi keberlangsungan atlet di Kabupaten Solok,” kata Rudi.

Ketua Korfball Seluruh Indonesia (PKSI) Kota Solok, Herdiyulis, adalah tokoh yang terang-terangan mendukung Rudi Cader menjadi Ketua KONI. Dukungan tersebut lahir lantaran Herdi betul-betul ingin KONI Kota Solok dipimpin orang profesional dan sarat pengalaman.

“Kita harus akui, Rudi Horizon adalah sosok yang pantas untuk memimpin KONI Kota Solok hari ini. Beliau sarat pengalaman, berprestasi dan juga putra Solok,” kata Herdiyulis kepada Lembaran.id, Minggu, 12 Desember 2021.

Jauh sebelum hiruk pikuk pemilihan Ketua KONI Kota Solok ini hadir, Herdiyulis adalah sosok yang dipersiapkan untuk memimpin KONI. Hal itu dibuktikan dengan berbagai upaya menjemput restu dari cabor, Kepala Daerah, hingga ke KONI Sumbar.

Namun, kata Herdi, ketika nama Rudi Cader muncul, keinginannya pun surut. Sebab, tujuan utama adalah membangun KONI dan membina atlet Kota Solok untuk berprestasi di tingkat Provinsi, Sumbar dan Nasional.

Secara hasrat, banyak yang berminat memimpin KONI. Namun, ketika logika berfikir ingin membangun, tentu harus diberikan kesempatan kepada orang-orang yang mumpuni dibidangnya. Atas dasar itulah Herdiyulis menarik diri dan mendukung penuh Rudi menjadi Ketua KONI Kota Solok.

“Kita tentu harus sadar dan koreksi diri. Sebab, memimpin KONI butuh energi lebih dan paham di ranahnya. Saya menilai, Rudi sangat pantas untuk hal itu,” kata Herdi yang juga salah seorang Dewan Panyantun KONI Kota Solok itu.

Herdiyulis tak ragu dengan kemampuan Rudi Cader. Hal inilah kemudian yang dibawa dan didiskusikan langsung kepada Wali Kota Solok Zul Elfian dan Wakil Wali Kota Solok Ramadhan Kirana Putra.

Gayung pun bersambut, kedua pemimpin Kota Solok itu merestui dan mendukung Rudi menjadi Ketua KONI Kota Solok. Mereka yakin, dengan pengalaman dan prestasi yang dimiliki, Rudi akan mampu membawa Kota Solok menjadi yang terbaik di Sumbar.

“Kini mari satukan niat. Jika ingin KONI Kota Solok maju dan berprestasi, maka kita tumpangkan harapan di pundak Rudi Horizon. Jangan lagi bicara ego, mari bicara realistis,” tuturnya. (L1)

Rudi Horizon saat mendapat restu maju menjadi Ketua KONI Kota Solok dari Wali Kota Zul Elfian dan Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra.rilis